Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : tiga terdakwa saat diadili dan saksi saat disumpah. (Arief,memojatim)

Sidoarjo-Memo. Sidang lanjutan tiga terdakwa mantan pejabat Pemkab Sidoarjo dalam perkara suap sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Sidoarjo kembali digelar diruang Candra Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya pada hari Senin (13/7/2020) dijalan raya Juanda Sidoarjo.

Pada sidang kali ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi menghadirkan 8 saksi diantaranya, Teguh Hadi Winarko (Ajudan Bupati), Achmad Zaini (Sekda) dan Siti staf Ibnu Gofur terdakwa lain berkas terpisah (sudah divonis).

Didalam persidangan keterangan saksi Teguh Hadi Winarko menyatakan tidak tahu soal pemberian uang Rp 200 juta ke terdakwa Bupati Sidoarjo non aktif Saiful Ilah mendapat sanggahan dari terdakwa Sanadjihitu Sangadji.

"Saksi Teguh hanya berjarak sekitar satu meter dari saya. Karena itu saya yakin dia (Teguh) melihat ketika saya mengeluarkan uang dari tas dan menyerahkannya,"ungkap, terdakwa Sanadjihitu Sangadji dalam persidangan saat dikutip memojatim.

Masih lanjut Sangadji, "Saya datang uangnya saya taruh dalam tas. Dan pas saya serahkan, uang saya keluarkan dari tas. Lalu tas saya bawa kembali,"
terangnya.

Ditemui usai persidangan, Jaksa KPK Arif Suhermanto saat dikonfirmasi soal keterangan saksi Teguh, menyampaikan, 
bahwa dalam sidang kasus korupsi dengan terdakwa Ibnu Gofur, terdakwa Sangaji juga pernah menyampaikan hal itu dan itu diiyakan oleh Ibnu Gofur.

"Hal itu juga masuk dalam dakwaan jaksa atas terdakwa  Ibnu Gofur, kontraktor yang sudah divonis bersalah dalam perkara ini, menyerahkan uang sebanyak Rp 300 juta ke Sangadji. Rp 100 juta untuk Sangaji dan Rp 200 juta untuk Saiful Ilah. Uang diserahkan ke Sangaji kemudian oleh Sangaji diserahkan ke Saiful Ilah Rp 200 juta pada 1 Oktober 2019," papar, Jaksa KPK Arif Suhermanto.

Disinggung apakah JPU akan menghadirkan terdakwa Sanadjihitu Sangadji sebagai saksi dalam persidangan terdakwa Saiful Ilah, Arif Suhermanto menyatakan, "tentu akan kami hadirkan. Tinggal menyusaikan jadwalnya,"pungkasnya. (rief)

Posting Komentar