Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : doc suasana persidangan korupsi BPKAD Pemkab Gresik. (Arief,memojatim)

Gresik-Memo. Menanggapi vonis bebas oleh Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya atas terdakwa Sekda non aktif Pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya terkait dugaan perkara kasus korupsi di dinas BPKAD Pemkab Gresik tahun 2018 pada hari Senin (30/3) lalu diruang Cakra Pengadilan Tipukor Surabaya. 

Kejari Gresik akhirnya menempuh upaya hukum kasasi atas putusan tersebut. Hal itu disampaikan Kasi Pidsus Kejari Gresik, Dymas Adji Wibowo, kami sudah nyatakan kasasi, dan saat ini kami sedang siapkan memori kasasinya.

"Kami sudah nyatakan kasasi," terang, Kasipidsus Kejari Gresik, Dymas Adji Wibowo saat dikonfirmasi media pada hari Kamis (9/4).

Dijelaskan Dymas, Saat ini pihaknya dan tim pidsus Kejari Gresik sedang menyusun memori kasasi yang isinya bantahan atas pertimbangan majelis hakim.

"Ini dalam tahap penyusunan memori kasasi. Poinnya ada beberapa bantahan yang kami rasa tidak sepakat dengan pertimbangan majelis hakim,"tegasnya.

Terpisah, Hariyadi selaku penasehat hukum Andhy Hendro Wijaya mengatakan, putusan bebas ini sebenarnya tidak dapat dilakukan kasasi.

"Berdasarkan pasal 244 KUHAP sebenarnya tidak ada upaya hukum kasasi," kata Hariyadi.

Namun berbeda dengan putusan MK no 114/PUU-X/2012. Tgl 28 maret 2012. Dalam putusan MK ini, masih kata Hariyadi, Jaksa Penuntut Umum (JPU) boleh mengajukan kasasi.

"Sebagai penasehat hukum kami akan mempelajari dulu memori kasasi dari JPU. Karena menurut saya, semua pertimbangan hukum dalam putusan sudah tepat tidak ada yang salah dalam penerapan hukumnya," ucap, Hariyadi.

Diketahui, Vonis bebas majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya yang diketuai I Wayan Sosiawan menganggap uang insentif yang dipotong di BPKAD merupakan uang halal, karena statusnya bukan lagi uang negara sebab telah diserahkan ke masing-masing pegawai.

Vonis bebas ini dilawan JPU lantaran dianggap tidak sesuai dengan tuntutan yang dijatuhkan. Yakni 7 tahun penjara dan denda Rp 1 milliar, subsider 6 bulan kurungan. (rief)

Posting Komentar