Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : terdakwa Darmawan dalam persidangan. (Arief,memojatim)

Sidoarjo-Memo. Terdakwa mantan Wakil ketua DPRD Surabaya, Darmawan alias Aden mulai bernyanyi usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Surabaya hari Jumat (13/3). Pasalnya, 
Darmawan menilai, dalam kasus korupsi dana hibah Pemkot Surabaya tahun 2016 untuk program Jasmas ada nuansa keberpihakan dari majelis hakim yang menyidangkannya, salah satu rekannya yang telah terbukti menerima kucuran dari terdakwa lainnya yang berprofesi sebagai pengusaha malah dijatuhi hukum lebih ringan darinya.

"Ada tebang pilih dalam permasalahan ini. Sudah jelas teman kita ada aliran dari pengusaha tapi dihukum lebih ringan dari saya. Jadi saat ini ada tebang pilih dalam peradilan mulai dari penuntutan sampai putusan, mana seharusnya lebih tinggi diputus lebih ringan, mana seharusnya lebih ringan diputus lebih tinggi,"kata, terdakwa Darmawan usai persidangan dikutip memojatim.

Seperti diberitakan, terdakwa mantan Wakil Ketua DPRD Surabaya periode 2014-2019, Darmawan alias Aden dijatuhi hukuman penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya sebanyak 2,6 tahun juga dikenakan denda sebanyak Rp 100 juta dan apabila denda tersebut tak dibayar maka digantikan hukuman kurungan selama 6 bulan.

Selain Darmawan sebelumnya, dalam kasus yang sama Pengadilan Tipikor Surabaya juga menjatuhkan vonis terhadap mantan anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019, Sugito.

Sugito oleh majelis hakim dijatuhi hukuman 1tahun 8 bulan denda sebesar Rp 50 juta subsidair 3 bulan penjara.

Saat ini, dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Pemkot Surabaya untuk program jasmas, tinggal empat terdakwa yang masih menunggu putusan vonis majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. 

Keempat terdakwa tersebut, anggota DPRD Surabaya Ratih Retnowati serta tiga mantan anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 yaitu, Syaiful Aidy, Dini Rijanti dan Binti Rochma.

Ada juga pihak swasta sebagai pelaksana proyek yaitu, Agus Setiawan Tjong yang sudah divonis selama 6 tahun penjara dan saat ini masih proses kasasi. (rief)


Posting Komentar