Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : petugas KPPBC TMP Juanda saat pamerkan barang bukti dan pelaku. (Arief,memojatim)

Sidoarjo-Memo. Petugas Bandara Internasional Juanda berhasil mengamankan penyelundup narkotika yang dilakukan Warga Negara Asing (WNA) Abdul Rauf Mohammed Yasin (40) warga kebangsaan India diamankan petugas Bea Cukai Juanda setelah berupaya menyelundupkan narkotika jenis sabu-sabu seberat 1.330 Gram melalui Bandara Internasional Juanda Sidoarjo.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Juanda Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Juanda Budi Harjanto mengungkapkan, 
pelaku ini merupakan penumpang Malaysia Air Lines (MH-873) jurusan Kuala Lumpur - Surabaya. Petugas merasa curiga dengan barang bawaan pelaku berupa koper warna merah.

"Dari hasil analisa X-Ray, ada 13 kotak di dalam koper yang mencurigakan yang dibawa pelaku saat melewati pemeriksaan barang bawaan penumpang  di bandara,,"ucap, Budi Harjanto, Senin (18/11) dikutip memojatim. 

Nah dari hasil pemeriksaan mesin X ray itulah, petugas melakukan pemeriksaan mendalam terhadap pelaku. Isi koperpun akhirnya dibongkar.

"Hasilnya petugas mendapati 13 bungkus plastik yang berisi serbuk putih, dan Pelakupun kita amankan untuk pemeriksaan lebih lanjut,"terangnya.

Dijelaskan Budi, pihaknya juga mengambil sampep serbuk putih tersebut dan hasilnya positif narkotika golongan I Jenis Methamphetamine.

"Pelaku beserta barang bukti sabu selanjutnya kita serahkan ke Mapolresta Sidoarjo untuk menjalani proses hukum lebih lanjut,"tuturnya.

Budi menambahkan, dari barang bukti yang berhasil diamankan, setidaknya petugas telah berhasil menyelamatkan 2.660 jiwa generasi muda Indonesia dengan perhitungan 1 gram narkotika dikonsumsi oleh dua orang. 

"Pelaku dijerat pasal 113 ayat 2 No. 35 tahun 2009 tentang narkotika," pungkasnya

Posting Komentar