Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : Ketua PN Sidoarjo Yapi saat membacakan sumpah ke Ketua dan Wakil DPRD Sidoarjo H. Usman, Bambang Riyoko, Kayan, Emir Firdaus. dan foto bersama Bupati Sidoarjo, Saiful Illah. (Rizal,memojatim)

Sidoarjo-Memo. Dalam rangka acara pengucapan sumpah pimpinan DPRD Kabupaten Sidoarjo masa jabatan 2019 – 2024 di Gedung Paripurna anggota Dewan Sidoarjo hari Jum'at (19/9).

Prosesi sumpah ini sebagai wujud kepatuhan selaku abdi negara sebagaimana yang tertuang dalam pasal 165 ayat 5 UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa pimpinan DPRD kabupaten/kota sebelum memangku jabatan wajib mengucapkan sumpah atau janji yang teksnya sebagaimana dimaksud dalam asas 157 disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo.

Dengan keputusan Gubernur Jawa Timur yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Sidoarjo mengenai pimpinan yang ditetapkan yakni Ketua H. Usman, M.Kes, Bambang Riyoko, S.S Waka I, Kayan, SH Waka II, Dr. H. Emir Firdaus, ST.MM Waka III. Kemudian, dalam sumpah/janji pimpinan DPRD Sidoarjo yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Dr. Yapi.

Hadir juga Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum dalam rapat paripurna menyampaikan, bahwa acara ini adalah agenda utama dalam proses penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Pasalnya, rapat paripurna ini merupakan  perwujudan kemenangan kita bersama. Karena masyarakat Sidoarjo dalam ber demokrasi yang penuh martabat dan berwibawa.

"Melalui proses demokrasi tersebut, sehingga terpilihlah wakil rakyat Sidoarjo yang sebagai penyampai dan penampung aspirasi masyarakat dalam proses kebijakan dan pro dalam kesejahteraan rakyat", tutur Bupati Saiful Ilah.

Lebih jauh dijelaskan, oleh Saiful Ilah, bahwa DPRD adalah sebagai mitra kerja, saudara, sahabat kami yaitu Pemkab, dalam menjalankan roda pemerintahan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Sidoarjo.

"DPRD diberikan fungsi legislasi yaitu membentuk peraturan daerah yang dilakukan bersama kepala daerah dengan beberapa peranannya yaitu prakarsa dan pembuatan UU peraturan daerah, pembahasan rancangan UU peraturan daerah, dan persetujuan atas rancangan UU peraturan daerah", terangnya.

"Selanjutnya adalah fungsi Anggaran yaitu bersama kepala daerah menyusun dan menetapkan anggaran pendapatan dan belanja daerah tiap tahun", lanjutnya.

"Terakhir yaitu mempunyai fungsi pengawasan yaitu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan UU daerah dan kepala daerah", jelas Bupati 2 periode.

Saiful Ilah menegaskan, DPRD harus mengedepankan kerjasama yang harmonis dan jangan ada saling menyalahkan.

Pihaknya mengharap, agar dengan kerjasama itu dapat tercapai visi misi Sidoarjo yang Inovatif, Mandiri, dan berkelanjutan dengan dapat diwujudkan dalam penuh amanah.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Para kepala OPD Kabupaten Sidoarjo, Forkopimda, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). (Rz/rief)

Posting Komentar