Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : Wabup Nur Ahmad Syaifuddin (3 dari kanan) bersama Ketua Formi, MG. Hadi Sujipto (tengah), Ketua DPRD, Sullamul Hadi Nurmawan dan Kades Ganting Anuwar Rokip saat menunjukkan prasasti peresmian Desa Ganting sebagai kampung olahraga rekreasi. (Wachid, memojatim)

Sidoarjo-Memo. Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Sidoarjo menetapkan Desa Ganting, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo sebagai pelopor Kampung Olahraga Rekreasi.

Desa Ganting menjadi Kampung Olahraga Rekreasi itu telah diresmikan Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, didampingi Ketua Formi Sidoarjo, H. MG. Hadi Sutjipto, bersamaan dengan pembukaan lomba car free day antar-korda, berlokasi di Jalan Raya Gedangan - Sukodono depan Kantor Kecamatan Gedangan, Minggu (18/8/2019).

Dalam sambutannya, Wabup Nur Ahmad Syaifuddin sangat mengapresiasi inovasi Formi dalam upaya mengembangkan olahraga rekreasi di tengah masyarakat. Pasalnya, keberadaan Formi terbilang sangat penting bagi pembangunan kesehatan.

"Kalau masyarakat cinta olahraga dan sudah menjadi kebutuhan, maka kesehatan masyarakat Sidoarjo meningkat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Formi Sidoarjo, MG. Hadi Sutjipto menjelaskan, pembentukan kampung olahraga rekreasi tersebut, untuk lebih menggelorakan olahraga rekreasi di tingkat bawah. Kini, Ganting, desa yang terpilih. Alasannya, komunitas olahraga rekreasi di desa ini cukup banyak. Ke depan, bakal dikembangkan ke desa yang lain.

"Pembentukan kampung olahraga rekreasi mendapat sambutan luar biasa dari Formi Pusat, karena baru pertama di Indonesia. Inovasi ini dinilai bagus sekali dan mendukung penuh kampung olahraga rekreasi sebagai sarana mempercepat perkembangan budaya olahraga di masyarakat," terangnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Ganting, Anuwar Rokip saat dikonfirmasi usai peresmian wilayah yang dipimpin menyampaikan, puji syukur kami ucapkan pada tuhan allah swt dan kepada Pemkab serta Pemerintah, ini semua berkat kerja keras Pemerintah Desa (Pemdes) yang selalu tidak henti-hentinya mensosialisasi dan mefasilitasi masyarakat sehingga masyarakat bisa lebih mencintai olahraga.

"Dengan terpilih desa ganting sebagai Kampung Olahraga Rekreasi diharapkan menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan kualitas desa,"tutur, Kades Ganting Anuwar Rokip pada memojatim hari Selasa (20/8).

Masih lanjut Anuwar, ini adalah salah satu program Pemerintah Desa Ganting yakni, satu adalah wadah sarana media sosial agar warga masyarakat bisa berinteraksi dimana setiap Minggu sekali kami lakukan olahraga Forpi, tujuan kedua supaya terjalin silahtururrohmi antara satu warga dengan warga yang lain karena pelaksanaan olahraga Forpi ini dari RT ke RT yang lain dan yang ke tiga tujuan dari program ini agar masyarakat sehat.

"Karena kesehatan adalah investasi terbesar bagi kehidupan kita, kalau badan kita sehat insyaallah pikiran sehat,"tuturnya.

Diharapkan, ada program-program lain dari Formi terkait sarana prasarana terkait pengembangan olahraga Kampung Kreasi yang kini sudah diminati oleh kalangan ibu-ibu muda sampai ibu-ibu usia lanjut. (wy/rif)

Posting Komentar