Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat meresmikan Pasar Tradisional Tulangan. (Arief,memojatim)

Sidoarjo-Memo. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali meresmikan Pasar Tradisional Tulangan pada hari Selasa (14/8). Peresmian Pasar Tradisional tersebut diwarnai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai tanda telah dibuka dan diresmikan Pasar Tradisional Tulangan.

Abah Ipul sapaan akrap Bupati Sidoarjo ini menyatakan, pembangunan Pasar Tulangan ini dinilai sangat penting karena memiliki perang penting atas kemajuan perekonomian rakyat yakni masyarakat menengah kebawa.

"Usai dibangun, sudah tampak sangat bagus, wajib dipelihara dan dirawat, mengingat letak pasar ini sangat strategis," ucap Abah Ipul.

Masih kata Abah Ipul, Pemkab Sidoarjo akan selalu mendukungan dalam menjaga keberadaan pasar desa, karena menurutnya pasar tradisional adalah sebagai tempat aktivitas perputaran perekonomian. Selain itu juga guna memperkuat modal sosial masyarakat setempat.

"Manfaatkan Pasar Tulangan ini secara optimal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," tutur Bupati dua priode ini.

Sementara ditempat yang sama Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo, Dana Riawati menambahkan, Pasar Tulangan tersebut dipugar menjadi dua lantai. Pembangunannya telah direalisasikan sejak awal Desember 2017 hingga Juli 2019.

"Pasar yang berdiri di atas lahan seluas 3.556M2 itu dibangun pihak swasta menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) secara BTO (Build Transfer Operate) selama 20 tahun. Setelah itu, diserahkan ke Pemkab Sidoarjo,"terang, Dana.

Pelaksana kegiatan konstruksi Pasar Tulangan itu, lanjut Dana, dikerjakan secara konsorsium oleh PT Wahyu Graha Persada, PT Rick Collection dan PT Mandiri Surya Nusantara dari Jakarta.

Dengan bangunan dua lantai, untuk lantai dasar seluas 1.988M2 atau setara dengan 55,91 %, sedangkan 1.568M2 atau setara dengan 40,04% dipergunakan sarana lingkungan dan ruang terbuka hijau. Lantai dasar jumlah los 160 unit dan kios tertutup 102 unit. Lalu, di lantai dua berjumlah 117 unit. Jadi, jumlah keseluruhan los dan kios total 379 unit. (rif)

Posting Komentar