Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : Bupati Saiful Ilah, Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Dirut PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao, Sekda Achmad Zaini, Ketua DPRD Sullamul Hadi Nurmawan dan Wakil Ketua DPRD Emir Firdaus. (foto: istimewa)

Sidoarjo-Memo. Puncak peringatan ke 41 tahun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo diharapkan semakin profesional dan inovatif dalam memberikan layanan terhadap konsumennya.

Harapan itu disampaikan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah saat memberikan sambutan memperingati puncak acara 41 tahun PDAM Delta Tirta yang digelar di Ballroom The Sun Hotel, Sidoarjo, Sabtu (13/7/2019) malam.

"Peringatan 41 tahun ini harus dimaknai, seiring bertumbuhnya usia perusahaan, tentu dibarengi peningkatan kinerja dan profesionalisme SDM, sehingga layanan PDAM Delta Tirta kepada masyarakat bisa lebih optimal, "ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Abah Ipul, akrab disapa Abah Ipul ini juga berharap, agar PDAM memenuhi dua komitmen untuk dituntaskan. Yakni, penyerapan air dari proyek SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) regional umbulan II dan pemanfaatan air baku dari long storage Kalimati.

"Proyek SPAM regional umbulan II itu berkapasitas serapan air 1200 liter/detik. Adanya tambahan itu kebutuhan air minum bagi 576 ribu jiwa akan terlayani selama empat tahun sejak 2019 hingga 2022 mendatang. Lalu, proyek long storage Kalimati merupakan bagian dari proyek SPAM Sidoarjo Barat. Kapasitas serapannya 1000 liter/detik, "jelasnya.

Sementara itu, Pjs. Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo, H. Abdul Basit Lao mengungkapkan, kini cakupan layanan kebutuhan air minum bagi masyarakat Sidoarjo baru mencapai 38 persen.

"Tahun ini adalah pekerjaan paling berat, oleh karena kami harus bisa menjawab tantangan guna meningkatkan cakupan layanan. Maka itu, kami berupaya melakukan inovasi untuk pengembangannya, "katanya.

Sebenarnya, sambung Basit, program SPAM Umbulan II akan dilaksanakan Juli 2019 ini. Karena, jaringan transmisi air umbulan ke Gresik masih belum selesai.

"Sehingga, masyarakat Sidoarjo bisa terlayani air umbulan Desember 2019 mendatang, "imbuhnya.

Lebih lanjut dikemukan Basit, sembari menanti pengoperasian proyek SPAM umbulan tersebut, pihaknya bakal melakukan pembenahan di sejumlah Distribution Centre (DC) yang tersebar di beberapa kecamatan. 

"Semisal DC yang sudah siap beroperasi di Kecamatan Candi, Buduran dan Waru. Serta, DC Jabon dan Porong yang akan dibangun Oktober 2019. Kemudian, DC Tanggulangin dan Gedangan. Terakhir, DC Sidoarjo. Alhamdulillah, kami sudah putuskan lokasi DC Sidoarjo di kawasan kantor PDAM Delta Tirta, "terangnya.

Gelaran acara memperingati 41 tahun PDAM Delta Tirta tersebut, dihadiri pula oleh Wakil Bupati H. Nur Ahmad Syaifuddin, Sekda H. Achmad Zaini, Ketua DPRD H. Sullamul Hadi Nurmawan dan Wakil Ketua DPRD H. Emir Firdaus serta jajaran Forkopimda dan para pejabat Pemkab Sidoarjo lainnya. (Whd/rif)

Posting Komentar