Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : pegelaran Festifal tari Thengul dan Nasi Buwuhan Pemkab Bojonegoro. (Cak Mat,memojatim)

Bojonegoro-Memo. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menggelar Festival tari Thengul dan Nasi Buwuhan pada hari Minggu (14/7) di Pendopo Pemkab Bojonegoro. Acara yang diikuti oleh siswa siswi se Kabupaten Bojonegoro itu juga turut hadir Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah dan Kepala Dinas Pendidikan Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Bojonegoro.

Pagelaran festival tari Thengul dan nasi Buwuhan tersebut juga dihadiri undangan dari sejumlah negara dari Poland, Bulgaria, Mexico dan Thailand dalam sambutanya Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menyampaikan, kegiatan Festival Tari Thengul dan Nasi Buwuhan bertujuan mengenalkan kesenian dan kuliner asli khas daerah yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro pada dunia internasional.

"Dengan festival tari serta nasi buwuhan kita ingin mengenalkan kesenian tari asli juga kuliner khas masyarakat Bojonegoro ke luar Bojonegoro maupun manca negara," tutur, Anna Mu'awanah pada media.

Masih kata Anna, bila semua kegiatan pasti ada sumber dana serta dapat dipertanggung jawabkan, pastinya dengan memperkenalkan seni juga kuliner diharapkan dapat menarik kunjungan wisata.

"Jika dikenal di manca negara, diharapkan para wisatawan tertarik mengunjungi Bojonegoro yang secara otomatis Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat," harapnya.

Selain itu Bupati Bojonegoro juga berharap, tari Thengul nantinya mendapat kehormatan tampil di Jakarta, tepat pada tanggal 17 Agustus pada hari Kemerdekaan Indonesia.

"Semoga pertunjukkan nanti di hadapan Presiden RI juga tamu undangan luar Negara menjadi megnet tersendiri untuk lebih memperkenalkan tari Thengul asli Bojonegoro," pungkasnya.

Sementara ditempat terpisah Nadia Vijanti marketing CIOFF penyelenggara kesenian Indonesia (penerjemah bahasa tamu undangan) sangat merasa bangga atas pertunjukkan seni tari Thengul maupun nasi buwuhan.

"Tamu undangan 4 Negara sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Masyarakat dan Pemkab Bojonegoro atas tampilan kesenian tari serta nasi buwuhanya," ungkapnya.

Dirinya menyampaikan pula, bila 4 Negara tamu undangan sangat kagum atas antusias warga Bojonegoro saat menyambut kedatangan maupun waktu melihat pertunjukkan tari Thengul di jembatan Sosrodilogo.

"Mereka (4 Negara) sangat terharu sebab antusias masyarakat saat menyaksikan pertunjukkan tidak seperti asal negaranya, masyarakat Bojonegoro begitu ramah, mudah bergaul," ucapnya.

"Sedangkan terkait nasi buwuhan sangat disenangi salah satunya bumbunya begitu enak meskipun ada yang kepedasan (tapi suka), bahkan tamu dari Thailand akan membawa pulang nasi buwuhan untuk dikenalkan dinegaranya," tambah, Nadia Vijanti pada memojatim saat ditemui. (mat/rif)

Posting Komentar