Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : jalan raya Porong, Sidoarjo dalam genangan air banjir. (Arief,memojatim)

Sidoarjo-Memo. Hujan yang mengguyur Kabupaten Sidoarjo khususnya wilayah Kecamatan Porong, membuat jalan raya Porong Lama tergenang air. Akibatnya, jalur Surabaya-Malang maupun sebaliknya dialihkan, hari Senin (29/4/2019).

Dari pantauan memojatim di lokasi, ketinggian air di jalan nasional tersebut mencapai sekitar 40 hingga 50 centimeter. Banyak pengguna jalan dari arah selatan (Malang) yang melintas di atas tanggul penahan Lumpur Sidoarjo.

Nampak jalur arah Surabaya-Malang tepatnya di bundaran ketapang, Tanggulangin ditutup dan dialihkan ke jalan Arteri Porong Sidoarjo. "Karena ada genangan, jalur dari utara keselatan kami alihkan melalui Arteri Porong," tutur, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho.

Selain itu, di lokasi terlihat 6 pompa air milik Pengendalian Pusat Lumpur Sidoarjo (PPLS) difungsikan untuk menyedot genangan air ke kolam penampungan. "Semoga genangan air segera surut dan bisa dilewati lagi," kata Kadishub Sidoarjo Bahrul Amig saat di lokasi.

Dia menambahkan, agar genangan air di Jalan Raya Porong Sidoarjo yang tiap kali terjadi saat musim hujan, pihaknya berharap agar jalan tersebut ditinggikan sepanjang kurang lebih 500 meter. "Memang harus ditinggikan, lebih cepat lebih baik. Paling tidak, jalan terselamatkan," terangnya.

Menurutnya, genangan air saat ini disebabkan karena air Sungai Ketapang meluap sehingga mengalir ke jalan raya Porong Lama yang rendah atau mengalami penurunan tanah (subsidance). (Arief)

Posting Komentar