Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Photo : kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat menunjukan bukti dan tersangka. (Arief,memo)

Sidoarjo-Memo. Penyebar berita fiktif atau hoax bahwa akan terjadi gempa di Pulau Jawa ditangkap petugas Polda Jatim. Tersangka UFF (25) warga asal Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo adalah pemilik akun Uni Unique Febrian di Facebook dengan sengaja menyebarkan berita hoax.

Pelaku berhasil ditangkap pada hari Selasa (2/10/2018) malam setelah tiga kabar bohong terkait gempa Lombok dan prediksi akan terjadi gempa di Pulau Jawa berikut video gempa bumi yang terjadi di Indonesia viral melalui akun Uni Unique Febrian di Facebook miliknya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menyampaikan, Ia (tersangka) melalui akun Facebook nya mengatakan akan terjadi gempa dengan kekuatan skala besar khususnya di Pulau Jawa kedepan.

"kami tindak lanjuti perintah Presiden, terkait banyaknya penyebaran hoaks pasca gempa di Palu,"terang, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, hari Rabu (3/10/2018).

Sementara Direskrimsus Kombes Pol Agus Santoso menambahkan, tersangka saat ini tidak dilakukan penahanan karena ancaman hukuman hanya dua tahun penjara.

"Ancaman hukumannya ini hanya dua tahun sehingga tidak kita lakukan penahanan," pungkas, Agus.

Masih kata Agus, pihaknya menghimbau pada masyarakat untuk tidak menyebar luaskan berita yang belum tentu kebenarannya. Namun, pihaknya menyatakan tidak akan berhenti memburu para penyebar kabar bohong melalui media sosial. (Arief)

Posting Komentar