Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : Ilustrasi

Gresik-Memo. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik pada hari Senin (6/8/2018) pagi, dikejutkan oleh kedatangan sejumlah petugas tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. Kedatangan tim penyidik itu untuk menggeledah kantor Dinas Kesehatan yang berada diareal (Pemkab) di jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Gresik, Jawa Timur terkait atas adanya dugaan korupsi dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.

Tim penyidik Kejaksaan Negeri Gresik didampingi sejumlah petugas Polres Gresik, sekitar pukul 08:00 wib. Langsung menuju ruang Kepala Dinas Kesehatan (Pemkab) Gresik, Dr. Nurul Dholam. Penggeledahan tersebut dipimpin oleh Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Andri Dwi Subianto dan Kasi Intelejen Marjuki. Dari ruangan Kadinkes Kab Gresik Dr. Nurul Dholam tim penyidik berhasil mengamankan sejumlah dokumen penting yang terkait dengan dugaan korupsi dana BPJS kesehatan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Pandoe Pramoekartika pada media menuturkan, penggeledahan dilakukan guna mencari bukti tambahan atas adanya dugaan korupsi dana BPJS kesehatan se- Kecamatan di Kabupaten Gresik.

"Diduga ada korupsi dana BPJS Pukesmas di tingkat Kecamatan. Kita sudah melakuka sampling di Pukesmas 8 Kecamatan dan mendapatkan ada  dana BPJS yang dikorupsi senilai Rp. 500 juta, uang itu didapat dari pemotongan 10 persen anggaran BPJS di setiap Pukesmas,"ungkap, Kepala Kejaksaan Negeri Gresik, Pandoe Pramoekartika pasa hari Senin (6/8/2018).

Masih lanjut Pandoe, pihaknya meyakini dugaan korupsi dana BPJS yang merugikan negara ini akan bertambah melihat di Kabupaten Gresik ada 18 Kecamatan.

"Sementara kita hanya melakukan sampling 8 Kecamatan. Kami yakin dana BPJS yang dikorupsi oleh Dinkes akan bertambah,"tegasnya.

Dugaan atas adanya korupsi anggaran BPJS kesehatan Kabupaten Gresik, tim penyidik Kejaksaan Negeri Gresik menunjukan keseriusanya. Hal itu nampak pada saat penggeledahan berlangsung. Bukan hanya ruang Kepala Dinas saja yang digeledah, ruang Sekertariat Dinkes dan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan juga turut digeledah. 

Dari hasil penggeledahan tersebut sejumlah dokumen penting dan Komputer serta beberapa Hp yang terkait korupsi dana BPJS disita oleh tim penyidik Pidsus Kejaksaan Negeri Gresik. (dn/rf)

Posting Komentar