Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : Ratusan anak mengikuti khitanan massal di jalan Perak Barat No 277 Surabaya. (Moch Toha,memo)

Surabaya-Memo. Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pertamina Marketing Operation Region V mengadakan kegiatan khitanan massal gratis dengan teknik Causter di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Surabaya Jalan Perak Barat No. 277 Surabaya, pada hari Kamis (05/07/2018).

Melalui salah satu bentuk dari program Pertamina Sehati, Pertamina (Persero) ikut memberikan kontribusi serta membina hubungan baik dengan masyarakat sekitar. Dengan menggelar khitanan gratis dalam rangka upaya meningkatkan derajat kesehatan kepada masyarakat terutama pada anak-anak serta mengisi liburan mereka.

Khitanan massal ini merupakan kerjasama Tim Medical dan Communication & CSR Unit Pertamina MOR V bersama Badan Dakwah Indonesia (BDI) serta PT. Pelindo Husada Citra (RS PHC) Surabaya selaku penyelenggara proses khitan.

Manager Communication & CSR Unit PT Pertamina (Persero) MOR V, Rifky Rahkman Yusuf pada media menyampaikan, acara ini untuk membantu masyarakat sekitar untuk lebih menjaga kesehatan dan hidup bersih.

"Khitanan massal gratis ini bertujuan untuk kebersihan dan kesehatan" ucapnya, pada hari Kamis (05/07/2018).

Masih lanjut Rifky menjelaskan, khitanan ini Berdasarkan data dari Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI) tahun 2005, terjadi kasus Phimosis sebesar 8% pada usia 6 sampai 7 tahun. Phimosis atau Fimosis adalah kondisi kulit kulup penis tidak dapat ditarik ke arah pangkal belakang yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

"Karena bakteri dari urin khususnya pada anak-anak. Fimosis bisa dicegah dan diatasi dengan menyunat atau memotong kulup pada penis anak,"jelas, Rifky.

Dalam kegiatan khitanan massal ini diikuti 200 anak yang tersebar di tiga wilayah. 100 peserta mengikuti khitanan di TBBM Surabaya Group merupakan masyarkat Ring I dari Pertamina MOR V dan 100 peserta lainnya berada di TBBM Tuban dan pada 5 Juli (50 orang) dan TBBM Tanjungwangi pada 7 Juli (50 orang).

"Calon peserta khitan cukup mendaftar dan mengisi data diri di rumah sakit yang ditunjuk sebagai penyelenggara ataupun menghubungi kontak yang telah disediakan," terangnya.

Rifky menambahkan, Selain khitan dengan teknik Cauter, peserta juga mendapatkan uang saku dan merchandise Pertamina. Lima hari setelah proses khitan, peserta mendapatkan kesempatan untuk kontrol di rumah sakit yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Untuk peserta wilayah Surabaya dapat mendatangi RS Pelindo Husada Citra (PHC).


Manager Communication & CSR Unit PT Pertamina (Persero) MOR V juga berharap, Kegiatan seperti ini kedepannya diharapkan dapat terus berlanjut dan diperluas hingga ke Ring lainnya di wilayah MOR V. (mt)

Posting Komentar