Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : tersangka Kades Pesawahan dan barang bukti saat diamankan. (Arief,memo)

Sidoarjo-Memo. Setelah menjalani rangkaian penyidikan dalam kasus penyelewengan dana APBDes tahun anggaran 2016 yang diperuntukan untuk proyek peninggian jalan paving, Kades Pesawahan, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Aris (30) pada hari Minggu (29/7/2018) ditahan oleh penyidik Tipikor Polresta Sidoarjo setelah sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris mengatakan, tersangka diduga melakukan korupsi pengerjaan paving di dua wilayah yakni, RW 01 dan RW 02 dengan menggunakan APBDes 2016 senilai Rp 510 juta.

Dalam pelaksanaan proyek pavingisasi tersebut untuk di wilayah RW 01 nilai anggaran pengerjaan menghabiskan anggaran Rp 406 juta dan untuk pengerjaan jalan paving di RW 02 senilai Rp 104 juta. Namun, dalam pengerjaan di dua proyek tersebut ada kesalahan spefikasinya atau ada pengurangan volume.

"Ketebalan material yang tidak sama antara di wilayah RW 01 dengan jalan paving RW 02. Dari kesalahan itu negara dirugikan Rp. 52 juta," ungkap, Kompol Muhammad Harris pada memojatim di halaman Mapolresta Sidoarjo.

Praktek Korupsi Kolusi dan Nipotisme (KKN) ini juga sesuai dengan hasil pemeriksaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang menyatakan bahwa ada kerugian negara yang ditimbulkan dari dua proyek ini.

Masih lanjut Harris, pelaksanaan proyek itu sendiri dikerjakan tidak melalui prosedur. Ada pihak ketiga yang mengerjakan pemasangan paving di dua titik tersebut, "Pekerjaan dilakukan oleh pihak ketiga dengan cara penunjukkan bukan dengan sistem lelang," imbuhnya.

Harri menegaskan, tersangka kami tahan karena melanggar pasal 2 dan atau pasal 3 dan atau pasal 9 Undang-undang nomor 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Penyidik juga menjerat Kades Aris dengan pasal 55 ayat 1 KUHP. Untuk saat ini penyidik juga masih terus berupaya mengembangkan perkara ini tidak menutup kemungkinan ada tersangka lagi."pungkasnya. (rf)

Posting Komentar