Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro tinjau lokasi kebakaran. (Dian,memo)

Gresik-Memo. Kapal Layar Motor (KLM) Sinar Timur terbakar pada hari Senin (16/7/2018) sekitar pukul 10:30 wib. Pagi. Kapal bermuatan pupuk NPK produk PT. Wilmar Nabati seberat 650 ton yang akan dikirim ke wilayah Tanjung Aru, Provinsi Kalimatan Timur hampir ludes terlalap sijago merah.

Mendapatkan laporan ada kapal terbakar diwilayahnya, Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro didampingi Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gresik AKP Jannah serta KBO Satpolairud Polres Gresik Iptu Jumingan langsung turun ke lokasi untuk memastikan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro pada akuratnews menuturkan, Kapal yang terbakar KLM Sinar Timur milik H. Mistang dari Pare Pare, Sulsel yang memuat pupuk sejak dua bulan lalu sebelum lebaran.

"Kapal bermuatan 650 ton pupuk NPK yang rencananya pupuk itu akan dibawa dari Gresik menuju Kalimantan Timur", terang, AKBP Wahyu pada memojatim hari Selasa (17/7).

Dalam peristiwa itu, Kapolres Gresik menurunkan sejumlah petugas Kepolisian polsek Pelabuhan dan Satpolair Polres Gresik bersama pihak pelabuhan setempat untuk melakukan evakuasi kapal yang terbakar. Dengan dibantu 3 unit mobil Damkar Pemkab Gresik yang melakukan pemadaman dari darat, sedangkan 3 kapal tag boat dari PT. Pelindo III, PT Wilmar, PT Petro Kimia pemadaman dari Laut. 

Sebelumnya petugas harus berusaha membawa Kapal ke tengah agar api tidak merambat kekapal yang lain untuk selanjutnya di lakukan pemadaman dan pendinginan oleh 3 kapal tersebut. Proses evakuasi pada kapal berjalan dengan lancar. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu.

"Proses evakuasi Kapal berjalan lancar dan dipastikan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa kebakaran Kapal (KLM) Sinar Timur itu. Untuk kerugian material belum dapat ditaksir kerugiannya karena masih harus menunggu hasil pemeriksaan pemilik kapal", ungkap, Kapolres Gresik.

Sampai berita ini dibuat, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran itu. Kapolres Gresik mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan tim Labfor Polda Jatim untuk mengetahui penyebab terbakarnya KLM Sinar Timur tersebut. (dn/rf)

Posting Komentar