Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : 42 ekor sapi berhasil diamankan oleh petugas. (Arief,memo)

Surabaya-Memo. Kembali unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Karangpilang Surabaya tunjukan ketajamannya dalam mengungkap kasus peternakan hewan.

Dalam pengungkapan kasus ternak hewan ini bermula saat petugas dari Polsek Karangpilang melaksanakan patroli, dan mendapatkan kejanggalan aktifitas Truk pengangkut sapi. Setelah diperiksa petugas mendapatkan 21 ekor sapi, diantaranya 16 ekor berjenis kelami betina dan  truk sebagai sarana pengakut dengan Nopol N 9658 UR. Dari 16 sapi betina itu diketahui tanpa dilengkapi berkas dari dinas terkait. 

Kapolsek Karangpilang Kompol Noerjianto pada akuratnews menuturkan, anggotanya menemukan sapi berjumlah total 42 ekor. Pada saat itu juga sopir truk digelandang menuju Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Karangpilang Surabaya.

"Ternyata 16 sapi betina tidak dilengkapi surat dari dokter hewan atau dinas terkait di RPH Karangpilang ," ungkap, Kompol Noerijanto, hari Sabtu (23/6/2018).

Dalam kasus ini petugas mengamankan tiga orang yakni, Sopir Truk, Pengawal, dan Jagal (tukang potong sapi). Masih kata Noerjanto, dari pengakuan tersangka sapi-sapi ini didapat dan  dikirim dari wilayah Timur.

"Pengiriman ini dari wilayah Timur seperti Lumajang, ini masih kita dalami terus," tegas Kompol Noerijanto.

Lebih jauh Noerijanto menambahkan, 
Pengiriman sapi betina tanpa dilengkapi dokumen lengkap terancam Pasal 18 Ayat 4 UU 41/2014, tentang Peternakan dan Hewan dengan denda maksimal Rp 300.000.000,00 dan kurungan penjara maksimal tiga tahun penjara.

"Masalahnya 16 sapi betina ini tidak dilengkapi surat rekomendasi layak potong dari dokter hewan atau dinas terkait. Sementara sapi betina baru layak potong jika sudah tidak produktif lagi atau sudah tidak beranak pinak lagi," pungkasnya.

Untuk selanjutnya petugas melakukan pemasangan police line diareal kandang RPH. Selanjut petugas masih mendalami kasus ini dan memintai keterangan beberapa saksi guna proses lebih lanjut. (rif)

Posting Komentar