Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : Komisioner KPU Sampang Miftahur Rozaq saat sosialisasi. (Arief,memo)

Sampang-Memo. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sampang madura, Jawa Timur 2018 yang di laksanakan serentak pada hari Rabu (27/6) kemarin. Dua pasangan calon saling klaim menang bahwa pihaknya lebih unggul dari hasil Quick Count pemungutan suara Pilkada 2018.

Kubu Paslon No 1 Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat (Jihad) mengklaim menang 43% suara dari pasangan No 2 Hermanto Subaidi-Suparto (Mantap) 42,1% suara. Hal tersebut disampaikan oleh tim sukses Jihad, M. Machfud.

Sementara ketua tim sukses No 2 pasangan Hermanto Subaidi-Suparto (Mantap), Wima Edy Nugroho juga mengklaim Pasangan Calon (Paslon) nomer urut 2 unggul dari pasangan Jihad. Paslon Mantap dengan presentase unggul 42,1% suara, dan Jihad memperoleh 39% suara. Menurutnya, 90 persen data yang masuk dari seple 200 Tempat Pemungutan Suara (TPS) denga margin eror 1%, dan Mantap unggul di 9 Kecamatan.

Ditempat berbeda, Komisioner KPU Sampang Miftahur Rozaq saat dikonfirmasi oleh media menyampaikan, 
mengimbau kepada masyarakat untuk menunggu hasil resmi rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten tanggal 4-6 Juli 2018 mendatang.

"Saat ini masih rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kecamatan tanggal 28 Juni 4 Juli," terang, Rozaq saat ditemui di kantor KPU Sampang Jalan Diponegoro, Kamis (28/6) sore.

Masih lanjut Rozaq, meski hasil penghitungan suara sementara dapat diketahui dari sejumlah lembaga melalui Quick Count. Masyarakat diminta bersabar dan menunggu hasil resmi pleno KPU. Hal ini demi menjaga situasi tetap kondusif usai pemungutan suara Pilkada serentak 2018.

"Selama rekap tingkat Kabupaten itu nanti akan ketahuan paslon siapa yang memperoleh suara terbanyak dari ketiga paslon Pilbup Sampang, jadi tidak ada istilah beda tipis atau tebal, prinsipnya adalah yang memperoleh suara terbanyak," ungkapnya.

Rozaq menbahkan, KPU akan menetapkan pasangan calon terpilih setelah memperoleh hasil suara terbayak. Aturan itu sesuai Pasal 49 ayat 1 PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Sekedar diketahui pemilihan kepala daerah di Sampang diikuti oleh tiga pasangan calon. Nomor urut 1, Slamet Junaidi dan Abdullah Hidayat (Jihad). Pasangan ini diusung Partai NasDem, Golkar, PDI-P, PKS, dan PPP. Sedangkan
Nomor 2, Hermanto Subaidi dan Suparto (Mantap), diusung oleh Partai Gerindra, PKB, serta PBB, dan nomor urut 3, Hisan dan Abdullah Mansyur (Hisbullah), diusung Partai Demokrat dan PAN. (Rif)

Posting Komentar