Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : Komandan Jaga Sudjak saat melaksanakan pengamanan pencoblosan di Rutan Medaeng. (Abd Hadi,memo)

Surabaya-Memo. Pesta demokrasi lima tahunan yang difasilitasi negara juga bisa dinikmati warga binaan Rumah Tahanan Klas I  Rutan Medaeng,  Waru - Sidoarjo. 

Kepala Rutan Medaeng Bambang Haryanto menuturkan,  guna turut mensukseskan pesta demokrasi dalam kontestasi pemilihan Gubernur serta Wakil Gubernur Jatim 2018. 

"Turut berpartisipasi ratusan warga binaan (narapidana) yang menggunakan hak politiknya dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur kali ini," tutur Bambang Haryanto,  Rabu (27/6/2018) di ruang kantornya. 

Lanjut Karutan Bambang Haryanto,  setidaknya ada 456 orang penghuni Rutan Medaeng turut mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan dengan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 16 Rutan Medaeng.  

"Berdasarkan data yang kami peroleh diketahui Total ada 2700 penghuni Rutan Medaeng.  Namun,  hanya 456 orang yang bisa memilih dan menggunakan hak suaranya dalam Pilgub 2018," ungkapnya.  

Pihaknya berharap Rutan Medaeng,  setiap warga negara dapat menyalurkan hak pilihnya sehingga melalui pemilihan yang digelar di dalam Rutan Medaeng seperti ini,  hak konstitusional warga binaan dalam memilih pemimpin dapat benar-benar tersalurkan yang difasilitasi oleh negara," tandas Bambang Haryanto. 

Meski nampak lengang suasana pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Area Rutan Medaeng kali ini,  namun tidak mengurangi dari kelancaran dalam proses pesta demokrasi tersebut. 

Pantauan dilapangan,  beberapa penghuni warga binaan Rutan Medaeng bergantian satu-persatu menggunakan hak pilihnya di salah-satu ruang tunggu yang telah disulap menjadi tempat pemilihan. 

Di lokasi tempat pemungutan suara TPS 16 Rutan Medaeng Jumadi,  selaku ketua KPPS TPS 16 mengatakan.  "Bahwa total penghuni Rutan Medaeng sebanyak 2700an orang,  saat ini yang berhak dan terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) 24 orang ditambah dengan pemilih lainnya yang telah melakukan perekaman kartu elektronik juga surat keterangan dari Dispendukcapil," tegas Jumadi. 

Setelah ditotal,  masih kata Jumadi,  penghuni yang berhak dan bisa menggunakan hak pilihnya ada 456 orang," pungkas Jumadi pada awak media. (mth/abd)

Posting Komentar