Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan. (Istimewah)

Surabaya-Memo. Polrestabes Surabaya
Berhasil mengungkap pembobol soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pekan lalu. Dari hasil penyelidikan, pihaknya mengamankan Dua orang sebagai pelaku pembobol soal UNBK. Keduanya diketahui adalah pegawai bagian Teknisi dan Tata Usaha (TU) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan pada media menyampaikan, Keduanya diduga telah membocorkan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). IM (38) dan TH (45) membobol lima unit komputer di sekolah tempat keduanya bekerja dan menyebarkan soal-soal ujian, 3 hari jelang UNBK tingkat SMP digelar.

"IM adalah teknisi di sekolah itu, sedangkan TH adalah staf Tata Usaha," terang, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Rudi Setiawan, pada hari Selasa (1/5/2018).


Lima unit komputer siswa itu berada di ruang laboratorium sekolah yang sudah disiapkan oleh panitia UNBK.
"Dengan mengetahui alamat identitas personal (IP Adress), salah satu dari keduanya membobol komputer dan mengambil gambar soal-soal yang akan diujikan," jelasnya.

Setelah mendapatkan gambar soal UNBK, pelaku IM mengirimkannya melalui pesan whatsapp ke sebuah Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) di Jalan Jolotundo Surabaya.

"Pengirim gambar soal terbukti dari nomor ponsel IM," ungkapnya.

Lebih jauh Kapolrestabes Surabaya menambahkan, sejak tiga hari lalu pihaknya telah menetapkan pelaku sebagai tersangka. Sampai saat ini penyidik masih terus mengembangkan kasus itu untuk menemukan pelaku lain, termasuk pihak - pihak LBB selaku penerima foto soal UNBK yang dikirim oleh pelaku. (al/rif)

Posting Komentar