Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : Kasat Lantas Polres Gresik AKP
Wikha Ardilestanto, S.H., S.I.K. saat membimbing langsung cara  mendownload Aplikasi Care. (Arief,memo)

Gresik-Memo. Dalam rangka "Operasi Patuh Semeru 2018" Polres Gresik  melaksanakan operasi gabungan bersama dengan rekan-rekan Dinas Perhubungan, PM, dan dilanjutkan dengan sidang di tempat.

Operasi gabungan ini dilaksanakan di Terminal Bunder, Kabupaten Gresik pada hari Selasa tanggal (8/05/2018) sejak pukul 10.00 wib. hingga pukul 12.30 wib.
Dalam operasi tersebut petugas menindak 60 kendaraan Roda Dua yang kedapatan melakukan pelanggaran dan 10 kendaraan Roda Empat, untuk selanjutnya dilakukan penindakan berupa tilang. Pelanggar tersebut langsung dilakukan sidang ditempat karena telah disediakan petugas dari Pengadilan Negeri (PN) Gresik di lokasi.

Hal ini baru diciptakan oleh Satlantas Polres Gresik, sebagaimana pemanfaatan Augmented Reality diberikan kepada para pelanggar yang sedang menunggu sidang tilang di tempat.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro SH. SIK. M. Si., melalui Kasat Lantas AKP Whika Ardilestanto SH. SIK., menyampaikan, "para pelanggar yang sedang menunggu sidang ditempat ini akan disuguhkan sebuah kartu  Augmented Reality Card atau yang lebih dikenal ARCard," terangnya.

Masih lanjut AKP Whika Ardilestanto, ARCard yang menjadi kebanggaan dari Satlantas Polres Gresik ini dikenalkan pada masyarakat melalui para pelanggar berkendara, dan selanjutnya pelanggar dibimbing untuk mendownload aplikasi Care yang ada pada Play Store atau Google Store.  setelah itu diajari untuk menggunakan ARCard.

"aplikasi care ini bisa di download menggunakan alamat m.dsh.care  setelah itu pelanggar menunggu beberapa saat sampai aplikasi 100% bisa di-download dan terpasang ke masing-masing ponsel,"paparnya.

Setelah terpasang aplikasi care ini bisa digunakan untuk Scanning logo P dicoret dan logo Traffic Safety Everywhere yang ada di kartu tersebut. ketika logo P dicoret, dilakukan scanning maka para pengendara bisa bermain game dilarang parkir dan melakukan permainan penilangan pada rambu dilarang parkir sampai dengan jarak 15 meter.  

Disini, Kasat Lantas Polres Gresik mengajak para pelanggar untuk bermain dan mengadakan sayembara skor tertinggi akan mendapatkan hadiah.
Sedangkan ketika logo Traffic Safety Everywhere di Scan akan muncul video korban Laka Lantas Atas nama Bapak Sugeng yang akan menjadi inspirator bagi para penontonnya.

Satlantas Polres Gresik memberikan hadiah kaos dengan logo ARCard kepada para pelanggar yang mendapatkan skor tertinggi dalam bermain game.

ARCard  yang merupakan penggabungan teknologi Augmented Reality dengan teknologi virtual reality ini merupakan prakarsa dari Kasat Lantas Polres Gresik dan merupakan terobosan baru untuk mengikuti perkembangan masyarakat.  

"masyarakat saat ini kebanyakan menggunakan aplikasi Oleh karena itu, Satlantas Polres Gresik mengejar hal tersebut dengan sesuatu hal yang menarik salah satu contohnya adalah ARCard."pungkas, Kasat Lantas AKP Whika Ardilestanto.

ARCard ini digagas, sebagai bentuk upaya Polres Gresik memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pelayanan, agar masyarakat lebih berhati - hati dalam berkendara, dan lebih mengutakan keselamatan dirinya sendiri terlebih bagi pengedara lain. (rif)

Posting Komentar