Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : Pesawat Lion Air. (Abd Latif,memo)

Sidoarjo-Memo. Sejumlah agenda penerbangan di terminal 1 Bandara Juanda tertunda pada hari Minggu (20/05/2018). Hal tersebut disampaikan langsung oleh General Manager Angkasa Pura I Bandara Juanda, Heru Prastyo pada media.

Tertundanya sejumlah jadwal penerbangan tersebut dikarenakan telah terjadi amblasnya aspal landasan pada salah satu roda pesawat Lion Air JT922 rute Surabaya-Denpasar sekitar pukul 10:25 wib pada hari Minggu (20/05/2018) tadi pagi saat pesawat hendak take off.

Menurut Heru Prasetyo, insiden amblasnya aspal disebabkan beban yang melebihi batas maksimum, hingga beban yang diterima membuat aspal landasan amblas.

"Pas mau belok pesawat disana pasti ada beban yang tertumpu di salah satu roda (belakang) yang diam, pesawat itu kan muter dari terminal 1,"terangnya.

Lebih jauh kata Heru, pesawat telah keluar dari marka yang ditentukan, sehingga aspal landasan yang seharusnya bukan sebagai lintasan pesawat harus menahan beban melebihi maksimum. Sehingga beberapa jadwal penerbangan harus ditunda.

"Agar jadwal yang terlambat-terlambat itu bisa kembali masuk, makanya kita beri extend sampai jam satu," imbuhnya.

Pihaknya juga mengaku telah melakukan penyesuaian jadwal penerbangan hingga pukul 01.00 wib. Dini hari nanti. Kemudian akan dilakukan perbaikan terhadap lubang lintasan. 

"Terkait penumpang bisa koordinasi dengan pihak maskapai. Tapi yang jelas ini bukan suatu permasalahan yang membawa korban karena pesawat belum mengeluarkan kecepatan," ungkapnya.

Meski demikian, pesawat yang hendak menuju Denpasar sudah membawa penumpang, mereka kemudian dialihkan ke pesawat lain dengan tujuan yang sama. Dari pihak Angkasa Pura I Bandara Juanda memastikan, layanan penerbangan akan kembali normal esok hari. (al/rif)

Posting Komentar