Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Photo : Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Himawan Bayu Aji saat berkeliling ke sejumlah gereja di Sidoarjo, Minggu (20/5/2018). (Abd Latif,memo)

Sidoarjo-Memo. Pasca aksi teror oleh terduga teroris di sejumlah tempat di Sidoarjo. Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji bersama TNI, dan Banser melakukan pengamanan 81 Gereja yang berada di wilayah Sidoarjo.

Sekitar 850 personil gabungan dari TNI, Polri dan Banser dikerahkan dalam pengamanan terhadap 81 gereja tersebut pada hari Minggu (20/5/2018).

Pengamanan tempat ibadah di setiap gereja itu dijaga ketat. Petugas memeriksa setiap orang yang hendak masuk ke gereja untuk memastikan tidak ada penyusupan barang berbahaya.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji memaparkan, pengamanan gabungan ini untuk memastikan peaksanaan ibadah di hari Minggu berjalan dengan aman. Terlebih banyak pihak yang mendukung agar wilayah Sidoarjo kondusif.

"Tujuannya supaya pelaksanaan ibadah di Hari Minggu ini berjalan aman, nyaman, dan baik. Dalam kegiatan ini, Polisi juga mendapat support pasukan dari TNI, dan Ansor," ungkap, Kombespol Himawan Bayu Aji pada media, hari Minggu (20/05/2018).

Masih lanjut Himawan, pihanya dalam pengamanan tempat ibadah kali ini menerjunkan 750 anggota, dan dibantu TNI 100 personil serta ormas Banser 50 orang.

"kami juga terus berkomunikasi dengan pengurus dan pengelola gereja. Supaya cepat melapor jika ada hal yang mencurigakan,"pinta, Kapolresta Sidoarjo.

Selain itu pihaknya juga mencatat nomor dan memberi nomor telpon para pengurus dan pengelola gereja yang berada di wilayah hukumnya, guna memastikan sewaktu-waktu petugas bisa dihubungi setiap saat. Begitu ada sesuatu, pengurus gereja diminta segera telpon, dan petugas juga diwajibkan segera merespon plus melaporkan ke pimpinannya.

"Sejauh ini kondisi aman dan kondusif. Tidak ada hal-hal yang perlu diwaspadai. Meski demikian, kami tetap memerintahkan semua anggota untuk selalu waspada dan terus menjaga kordinasi yang baik di semua lini," pungkasnya.

Disaat yang sama, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyo menambahkan, pihaknya juga memerintahkan semua Koramil untuk merapat membantu pengamanan di setiap gereja yang ada di wilayah masing-masing.

"Tujuannya untuk bersama-sama Polri dan masyarakat menjaga keamanan. Terus bersinergi menjaga Sidoarjo tetap aman dan kondusif," pungkas, Dandim 0816 Sidoarjo. (al)

Posting Komentar