Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin. (Istimewa)

Surabaya-Memo. Pembacaan puisi oleh Sumawati Sukarno Putri kini mendapatkan reaksi keras dari ormas umat islam GP Ansor Jawa Timur. 

Pasalnya, Gerakan Pemuda Ansor datang ke Polda Jawa Timur guna melaporkan pembacaan puisi oleh Sukmawati Sukarno Putri. Dalam surat laporan yang bernomor 
LPB/407/IV/2018/UM/Jatim. Sukmawati dilaporkan dengan Pasal 156 huruf a KUHP tentang Penodaan Agama dan atau Pasal 18 UU RI No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Sementara Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jendral Polisi Machfud Arifin membenarkan atas adanya laporan tersebut, setiap laporan pasti akan ditindak lanjuti. Termasuk laporan GP Ansor terkait puisi 'Ibu Imdonesia' yang dibaca terlapor dinilai mengandung nilai unsur sara.

"Nanti kita dalami dari sisi hukumnya saja. Ada tahapan, nanti ada gelar perkara dan semua pihak kita undang (untuk diklarifikasi dan dimintai keterangan)," terang, Kapolda Jatim Machfud Arifin pada media hari Selasa (3/4/2018).

Labih jauh Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jendral Polisi Machfud Arifin berharap, masyarakat jangan terpancing dan merespons terlalu berlebihan atas puisi kontroversial itu.

"Masyarakat jangan terpancing, biarkan prosesnya berjalan sesuai hukum yang berlaku."pungkasnya. (al/rif)

Posting Komentar