Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : tim gabungan saat melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK). (Abd Salam,memo)

Sampang-Memo. Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Pangarengan (PANWASCAM) bersama PPK, Pospol,koramil, Kasi Terantib Kecamatan, dan PPL se Kecamatan Pangarengan bersama-sama kompak menurunkan (menertibkan) baliho/Bener dan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon yang terpasang sepanjang jalan raya utama dan jalan poros desa di Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang Jawa Timur pada hari jum'at (23/2/2018) siang.

Hal itu dilaksanakan sebagai bentuk komitmen dalam pelaksanaan tugas dan menjujung tinggi sumpah jabatan selaku petugas pengawasan, dan pelaksana didalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang harus menjujung tinggi netralitas.

Penertiban itu dilakukan sesuai surat edaran Panwas Kabupaten dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten sampang pasca penetapan pasangan calon dan Deklarasi Kampanye Damai satu minggu yang lalu.

Ketua Panwascam Kecamatan Pangarengan Abdul Aziz saat dikonfirmasi oleh memojatim mengatakan, sebelum bertindak menurunkan APK ini tim panwas Kecamatan sudah melayangkan surat edaran himbauan penertiban baliho kepada camat dan kasi trantib serta tembusan kepada seluruh tim pemenangan masing masing calon di wilayah Kecamatan Pangarengan.

"Kami sebagai Panwas memohon dan mengajak kepada seluruh pihak yang terkait dalam Pemilihan Bupati ini. Agar semua para pihak yang terkait untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan Kondusif dalam pelaksanaan Pilbub nanti,"tutur, Abdul Aziz disela-sela kegiatannya.

Lebih jauh pria yang akrap disapa Aziz ini menambahkan, pihak akan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pengawasan Pilkada 2018. Agar terciptanya pemilihan yang jujur, transparan, profesional, dan bermartabat.

"Kami sudah melayangkan surat edaran serta koordinasi ke para tim sukses kecamatan. Alhamdulilah semua pihak merespon dengan baik dan positif serta mengapresiasi langkah yang di lakukan panwascam,"imbuhnya.

Tak hanya itu sebelumnya, pihaknya sudah berkordinasi kepada tim sukses kecamatan untuk melakukan penindakan oleh masing-masing tim pemenangan calon. Dan juga ditekankan bahwa jika dalam waktu yang sudah ditentukan para tim sukses tidak mengindahkan himbauan, maka pihak Panwas dengan tegas akan turun langsung untuk mensterilkan segala APK yang ada di lapangan.

Pemasangan Alat Peraga (APK) nantinya harus dipasang di tempat yang sudah di atur dan di tentukan oleh KPU agar tidak melanggar aturan. Sebab jika melebihi apa yang sudah ditentukan tentunya ada sanksi bagi pelanggarnya.

"Tindakan tegas itu dilakukan sesuai dan atas dasar PER KPU No 4 Tahun 2017 dan Perbawaslu No 12 Thun 2017. Semua pihak untuk mematuhi regulasi yang ada, yang telah di amanatkan dalam peraturan perundang-undangan."pungkasnya. (as/rif)

Posting Komentar