Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Bos Koperasi, Agus Salim tipu Nasabah divonis 1 tahun penjara. (Moch Toha,memo) 

Surabaya-Memo. Ruang sidang garuda,  sore (16/1/2018) tak biasanya ramai dikunjung oleh sejumlah pengunjung.  Pasalnya, di ruang sidang tersebut ternyata diruang sidang tersebut digelar kasus pidana penipuan dan pemalsuan dokumen BPKB Mobil (R4) maupun motor (R2). 

Sidang dengan agenda pembacaan pledoi (nota pembelaan, red)  dan putusan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Hakim Dwi Purwadi, SH, MHUM.  

Hakim Dwi Purwadi di persidangan menanyakan kepada terdakwa Agus Salim (45), apakah saudara mengakui secara sadar dan bukan dibawah tekanan pihak manapun.  "Saya bicara secara nurani,  dan hanya sendiri yang mengetahui apakah saudar mangakui atau tidak perbuatan anda yang salah tersebut,!?"  tanya majelis hakim di persidangan kepada terdakwa Agus Salim,  Selasa (16/1/2018).

Terdakwa Agus Salim pun mengakui bahwa dirinya bersalah atas tipu gelap dokumen BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) mobil maupun motor yang dikelolanya melalui badan usaha koperasi.  " Iya majelis hakim saya bersalah dan mengakui hal dimaksud,"  aku Agus Salim,  pria berkacamata minus tersebut sembari menunduk menyesali perbuatanya di muka persidangan.  

Usai mengakui kesalahan dari terdakwa,  Ketua Majelis Hakim Dwi Purwadi yang memimpin persidangan,  lantas membacakan uraian putusanya.  "Menimbang dan mengingat saudara terdakwa Agus Salim yang mengakui secara sadar atas kesalahanya.  Dan selama ini bersikap kooperatif tidak berbelit-belit dan belum pernah ditahan,  maka dengan sidang terbuka maka kami memutuskan dengan vonis satu tahun penjara, " putus Hakim Dwi Purwadi.  

Dengan putusan tersebut,  penasehat hukum terdakwa Purwadi, SH, saat mendampingi terdakwa atau kliennya pun menerima putusan
tersebut. " Iya kami menerima pututusan tersebut,  mas, " ungkap Purwadi. 

Bagaimanapun juga pasal 263 dan 378 KUHP dalam perkara yang menimpa klien saya tersebut,  "Cenderung ke perdata,"  pungkas Purwadi.  (mth)

Posting Komentar