Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin saat mengunjungi warga korban angin puting beliung. (Arief,memo)

Sidoarjo-Memo. Sekitar kurang lebih 902 rumah warga rusak akibat diterpa hujan yang disertai angin puting beliung pada 
beberapa waktu lalu. Angin puting beliung mengamuk dibeberap desa, dua Kecamatan Waru dan Kecamatan Sedati Sidoarjo. Mengetahui musibah tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, menyiapkan dana bantuan sosial senilai Rp 4 miliar untuk korban puting beliung di Desa Tambakrejo, Tambaksumur dan Desa Tambaksawah, Kecamatan Waru, dan Kecamatan Sedati.

Wabup, Nur Ahmad Syaifuddin menyampaikan, Dana itu bakal diberikan ke korban puting beliung yang rumahnya mengalami rusak berat, sedang dan ringan. Namun, Pemkab belum bisa memastikan berapa nilai dana yang akan dikucurkan kepada setiap korban bencana. 

"Dilihat dulu jumlahnya korbannya. Yang jelas kekuatan angaran bantuan sosial yang tidak direncanakan untuk perorangan sekarang ada Rp 4 miliar. Sedangkan bantuan untuk infrastruktur mencapai Rp 3 miliar sudah disiapkan untuk pembangunan jalan, jembatan dan lainnya," ucap, pria yang akrap dipanggil Cak Nur itu kepada media saat mengunjungi Posko korban bencana di Desa Tambakrejo.

Masih terang Cak Nur, dana bantuan sosial sebesar Rp 4 miliar itu sudah disiapkan, dan meminta pihak Organisasi Perangkat Desa (OPD) untuk berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar bantuan bisa berjalan lebih cepat.

"Mulai hari ini besaran bantuan itu sudah dirapatkan. Secepatnya bakal dicairkan. Sekarang bantuan sementara masih berupa terpal. Sekarang yang penting diperbaiki saja bagi yang punya uang atau meminjam. Yang penting sudah masuk data dan ada fotonya meski sudah diperbaiki tetap bakal dapat bantuan," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf Fadli Mulyono mengatakan, sejak terjadinya bencana angin puting beliung pihaknya telah menugaskan 100 hingga 120 personil di desa untuk membantu warga korban angin puting beliung.

"Kami siapkan pasukan yang bisa pertukangan. Tujuannya untuk membabtu warga membenahi atap rumahnya yang rusak dan membenahi bangunan yang ambruk."ucap, Letkol Inf Fadli Mulyono pada memojatim.

Dari catatan Pemkab Sidoarjo, sementara total korban bencana alam angin puting beliung yang menerpa 3 desa itu, ada 902 rumah dan bangunan. Rinciannya di Desa Tambakrejo ada 695, Desa Tambaksumur ada 157 dan di Desa Tambaksawah ada 50 rumah dan bangunan. Sedangkan korban luka-luka mencapai 21 orang dan pengungsi masih terdapat 107 orang. (Rif)

Posting Komentar