Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Kepala Kanwil Menkum HAM, Susy Susilowati saat hadiri serah terima jabatan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Sidoarjo  (Wawan Prapanca,memo)

Sidoarjo-Memo. Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Sidoarjo mengalami overload sekitar 35 persen. Ini menyusul, Lapas yang idealnya hanya berisi 350 penghuni itu, kini diisi sekitar 1.200 pemghuni baik dari tahanan maupun dari kalangan narapidana.

"Meski overload 350 persen, alhamdillah selama saya memimpin 17 bulan tidak ada gesekan maupun keributan lainnya," terang, Bambang Irawan yang kini menjabat Kepala Lapas Magelan, Jawa Tengah disela Acara Serah Terima Jabatan dan Lepas Sambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Sidoarjo dari Bambang Irawan ke Jumadi, Rabu (11/10/2017).

Menurut Bambang Pekerjaan Rumah (PR) yang belum diselesaikan selama menjabat Kepala Lapas Sidoarjo adalah rehab gedung untuk mengurangi daya huni yang overload serta program Kanwil Memkum HAM Jatim soal Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

"Bangunan masih proses dan WBK sudah dilaksanakan tinggal mempertajam," imbuhnya.

Sementara Kepala Lapas Klas II A Sidoarjo, Jumadi mengaku bakal melanjutkan program pimpinan lama. Selain itu, bakal menyelesaikan Program APBN Perubahan.

"Kami minta dukungannya agar mampu melaksanakab tugas dengan baik termasuk 3 pejabat baru lainnya. Karena dulu saat saya menjabat KPLP 2010-2013 dulu penghuni Lapas hanya 1.000 orang kini naik menjadi 1.250 orang. Ini tugas berat," tegas, pria kelahiran Ngawi ini.

Sementara Kepala Kanwil Menkum HAM, Susy Susilowati menegaskan kriminalitas terus meningkat. Menurutnya pergantian pimpinan yang cepat untuk penyegaran dan menghindari kepentingan tertentu di Lapas maupun Rutan. 

Termasuk agar menjadikan tahanan dan narapidana pelayanannya tetap ideal dengan overload kapasitas dan minimnya petugas.

"Idealnya harus selalu dirolling. Tapi untuk merolling se Indonesia terlalu berat. Makanya yang dirolling eselon IV dan eselon V," pungkasnya. (WP/Rif)

Posting Komentar