Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengundi parkir berlangganan Tahun 2017 di Parkir Timur GOR Sidoarjo  (Wawan Prapanca,memo)

Sidoarjo-Memo. Angka pendapatan Parkir Berlangganan Kabupaten Sidoarjo cukup fantantis. Hanya dalam hitungan setahun angka yang berhasil dicapai dari para pemilik kendaraan bermotor roda 2, roda 4 atau lebih mencapai Rp 28 miliar.

"Dulu sebelum parkir dikelolah Pemkab Sidoarjo melalui Program Parkir Berlangganan pendapatannya hanya Rp 1 miliar, tapi sekarang sejak parkir berlangganan diterapkan selama 8 tahun sudah mencapai Rp 28 miliar," terang, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah saat memberikan sambutan Undian Parkir Berlangganan Tahun 2017, Minggu (29/10/2017).

Kendati sudah mencapai Rp 28 miliar, ungkap Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Abah Ipul ini akan tetapi selama ini parkir berlangganan tidak pernah dinaikkan. Rinciannya untuk roda dua dikenai Rp 25.000 dan roda empat dikenai Rp 50.000 dibayar saat membayar pajak tahunan.

"Kalau parkir berlangganan tidak ada yang mempermasalahkan (menggugat) berarti Sidoarjo sangat aman dan kondusif," imbuhnya.

Penghasilan parkir berlangganan itu, jika dirinci kata Bupati 60 persen masuk Kas Daerah (Kasda). Sedangkan 40 persennya untuk operasiońal mulai gaji juru parkir (jukir), seragam hingga kebutuhan lainnya.

"Karena Pemkab Sidoarjo pemilik modalnya ya pembagiannya harus lebih besar jangan sampai 50 persen 50 persen atau lebih kecil. Itu malah salah," tegasnya.

Oleh karenanya, pihaknya meminta para petugas Juru Parkir  (Jukir) untuk tidak lengah dan selalu waspada. Pihaknya meminta jangan sampai ada motor atau mobil yang hilang.

"Kami juga minta di area parkir berlangganan jangan ditarik motor dan mobil plat W (Sidoarjo) kecuali mobil plat luar kota bisa ditarik atau sekedar dikasih pengemudinya diterima saja. Jangan sampai minta-minta bisa kena pungutan liar (pungli)," pintahnya.

Sementara dalam penarikan Undian Berhadiag Parkir Berlangganan 2017 itu disaksikan Dinsos Propinsi, Dinsos Pemkab Sidoarjo, Notaris dan lainnya. Dua orang pertama yang mendapatkan undian itu diantaranya Iman Kurniawan warga Desa Buncitan, Kecamata Sedati, Kabupaten Sidoarjo dan Moh Hasan Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo.

"Keberhasilan parkir berlangganan ini berkat kerjasama antar instansi terkait, terutama Polresta Sidoarjo dan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jatim di Samsat Sidoarjo. Di tahun-tahun selanjutnya harua lebih ditingkatkan," pungkasnya. (WP/Rif)

Posting Komentar