Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mendapat 
penghargaan dari Presiden RI, Jokowi yang diserahkan Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumolo saat upacara peringatan HUT Ke 72 Provinsi Jatim yang digelar di Tugu Pahlawan  (Wawan Prapanca,memo)

Sidoarjo-Memo. Dalam puncak peringatan HUT ke 72 Provinsi Jatim, Bupati Sidoarjo dianugerahi Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha. Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah karena kinerja Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo dinilai sangat baik selama 3 tahun berturut-turut.

Penghargaan dari Presiden RI Jokowi ini diserahkan melalui Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumolo dalam upacara peringatan HUT Ke 72 Provinsi Jatim yang digelar di Tugu Pahlawan, pada hari Kamis (12/10/2017). Penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang berprestasi tertinggi dalam pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat secara harafiyah. 

Makna Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha berarti anugrah atas pekerjaan yang sempurna untuk kepentingan semua orang. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil penilaian komprehensif terhadap 138 indikator kunci laporan penyelenggaraan pemerintah daerah selama 3 tahun berturut-turut. Yakni sejak Tahun 2013 – 2015, Pemkab Sidoarjo berhasil meraih nilai teringgi untuk semua indikator kinerja kunci yang meliputi indeks kerja utama, pengambil kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta pelaksanaan urusan wajib.

Menteri Dalam Negeri, RI Tjahyo Kumolo berpesan kepada kepala daerah (Bupati/Walikota) untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Menurutnya Presiden RI membuat evaluasi yang sangat ketat dalam memberikan penggarhaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha kepada Propinsi Jawa Timur, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Lamongan dan Kota Surabaya.

"Prestasi Pemkab Sidoarjo dalam pembangunan kota dan pembangunan manusia selama lima tahun terakhir, mendapat apresiasi dari tim verifikasi Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha," ungkap, politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Sementara itu Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menguraikan baru pertama kali ini Pemkab Sidoarjo menerima Penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha. Menurutnya penghargaan ini adalah sejarah bagi masyarakat Sidoarjo. Selama ini Sidoarjo telah meraih banyak penghargaan baik level Propinsi maupun Nasional sebagai pengakuan atas keberhasilan membangun Sidoarjo dan manusianya. Namun, penghargaan bukanlah tujuan utamanya.

"Karena goalnya itu bukan penghargaan, tetapi sebagai pelayan masyarakat. Hal itu yang selalu saya tekankan kepada pegawai Pemkab Sidoarjo. Dalam pelayanan, kami sudah tidak mengenal waktu," jelas Abah Saiful.

Selain itu, Saiful memaparkan berbagai keberhasilan program pembangunan yang telah laksanakan Pemkab Sidoarjo, terutama dalam program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sidoarjo. Dia mencontohkan program Penyelenggaraan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Penyelenggaraan Program Literasi, serta Mewujudkan Kota Layak Anak dan Kota Sehat. 
"Inilah alasan indeks pembangunan manusia di Sidoarjo terus meningkat. Bahkan kini sudah di atas rata-rata kabupaten/kota di Indonesia," pungkasnya.

Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha adalah bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat bagi daerah atau kota yang maju dan beprestasi.  (WP/Rif)

Posting Komentar