Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : warga tampak sibuk saat berusaha memadamkan kobaran api yang membakar rumah (Wawan Prapanca,memo)

Sidoarjo (Memo Jatim) -Sebuah rumah joglo milik Abdinah Rendy Tuhepaly (53) warga RT 07, RW 03, Desa Kenongo, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo ludes terbakar, Kamis (21/09/2017). Rumah korban rata dengan tanah dilalap si jago merah. Kebakaran rumah joglo sekitar pukul 10.00 WIB ini, belum diketahui penyebabnya. Namun spotanitas warga bergotong-royong berusaha  memadamkan api dengan air menggunakan peralatan seadanya.

Terbakarnya rumah joglo yang terbuat dari bahan baku dan mudah terbakar seperti kayu dan jerami ini, bermula saat kepulan asap putih membumbung tinggi dari atap yang terbuat dari ilalang itu. Tidak lama kemudian, muncul api yang tertiupan angin kencang. Akibatnya, api cepat merembet dan 
membakar seluruh isi rumah dan bangunan tersebut.

Kapolsek Tulangan, AKP Nadzir Syah Basri mengatakan, kebakaran di rumah joglo itu belum diketahui secara pasti penyebabnya. Pihaknya bersama anggota masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kejadian.

"Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material yang dialami korban sekitar mencapai Rp 50 juta," terangnya, kepada Memojatim, Kamis (21/09/2017).

Sementara keterangan saksi pemilik rumah joglo, Abdinah Rendy Tuhepaly mengakui api diketahui dari atap setelah terjangan angin kencang. Menurutnya, api semakin membesar dan membakar keseluruhan. Kemudian warga setempat beramai-ramai memadamkan api yang menjalar. Saat itu warga berhasil medamkan api sekitar pukul 11.00 WIB sebelum mobil PMK datang.

"Namanya musibah. Saya tidak tahu kalau terjadi seperti ini. Rumah juglo milik saya sering digunakan untuk sanggar kesenian warga," pungkasnya. (WP/Rif)

Posting Komentar