Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : rencana gedung 17 lantai (Arief,memo)
Sidoarjo-Memo. Rencana pembangunan pelayanan satu atap 17 lantai Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bakal terealisasi. Pasalnya, program pembangunan gedung terpadu yang sebelumnya menuai penolakan dari beberapa fraksi di DPRD Sidoarjo kini mendapatkan angin segar dari pemerintah pusat. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) menyetujui rencana Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Persetujuan dari pemerintah pusat itu tertuang dalam surat persetujuan no BU 0106-Mn/703 ditandatangani langsung oleh Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono tertanggal 4 Agustus 2017.
Rencananya, gedung Pelayanan Terpadu 17 lantai yang akan dibangun akan memiliki desain arsitektur yang unik dengan konsep green building. Bentuk bangunan, sesuai konsep awal, memiliki lekukan di bagian luar. Logo udang dan bandeng, sebagai potensi komoditi Sidoarjo, akan diakomodasi di dalam arsitektur bangunan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo, Sigit Setyawan pada media menyampaikan, " Berdasarkan analisis terhadap data dan informasi, gedung kantor pemerintah Kabupaten Sidoarjo terpadu, pada prinsipnya bisa dibangun lebih dari 8 lantai dengan ketinggian maksimum 17 lantai, begitu isi surat Kementrian PUPR," terangnya, hari Senin (11/9).

Lebih jauh Sigit Setyawan menambahkan, Pemkab Sidoarjo juga berupaya agar potensi kearifan lokal juga akan mewarnai gedung 17 lantai tersebut seperti, corak batik Sidoarjo yang rencananya akan masuk sebagai bagian arsitektur maupun ornamen bangunan. 

"Makanya, selain menggandeng konsultan perencana, kami juga akan meng-hire tim ahli bangunan. Di situ ada ahli-ahli konstruksi, arsitektural, electrical-mechanical, dan ahli keselamatan bangunan," ungkap, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo, Sigit Setyawan.

Nantinya, gedung pelayanan terpadu 17 lantai akan di desain unik dan akan menerapkan teknologi ramah lingkungan. Gedung itu akan mengutamakan ruang pelayanan publik yang cukup luas ditiga lantai dasar dengan peruntukan layanan perijinan. (rif)

Posting Komentar