Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Kantor Desa Wage   (Nur Chambali,memo)

Sidoarjo-Memo. Permohonan program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) atau Prona yang diselenggarakan oleh kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo, akhir-akhir ini juga tengah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Wage, Kecamatan Taman Sidoarjo.

Masyarakat khususnya warga Desa Wage sangat antusias mengajukan permohonan Prona itu. Terbukti kurang lebih 850 pemohon dengan persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo gratis tanpa dipungut biaya.

Anggota panitia Kelompok Masyarakat (Pokmas) Desa Wage, Robin mengatakan, bagi warga yang akan mengajukan permohonan Prona tidak akan dipungut biaya, dengan catatan bagi yang memiliki hak kepemilikan petok D atau waris yang dibawah tahun kepemilikan 1997. 

Sedang yang diatas tahun 1997 diperintahkan untuk melengkapi persyaratan terbaru dengan dilampiri akta jual beli atau waris serta pembayaran pajak jual belinya dengan melibatkan notaris setempat diwilayah Desa Wage sendiri yang sudah dipilih masyarakat pada waktu sosialisasi bersama BPN dan Polres, dimana notaris yang ditunjuk yakni,  Notaris Dilah dan Notaris Yatna .

Sementara saat disinggung dengan adanya aduhan dari salah satu warga ke Kejaksaan Negeri Sidoarjo terkait adanya Pungutan Liar (Pungli) dalam permohonan program Prona. 

Robin menyampaikan, "Pemohon hampir 100% tidak dipungut biaya sama sekali, cuma hanya dikenakan biaya pembuatan akta jual beli atau waris beserta pajaknya sesuai dengan luas tanah yang dimiliki pemohon. Hal itu berlaku untuk pemohon yang memiliki surat diatas tahun 1997 sedang dibawah tahun tersebut digratiskan total sesuai dengan anjuran BPN juga pihak kepolisian," ungkapnya, saat dikonfirmasi oleh memojatim pada hari Jumat (22/9) .

Labih jauh Robin menambahkan, pihaknya sudah melaksanakan arahan dan petunjuk Badan Pertanahan Nasional (BPN) dimana dalam praktek pelaksanaan permohonan program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) atau Prona gratis tanpa dipungut biaya.

" Peraturan dan persyaratan yang ditentukan BPN ,dan sudah dimengerti para pemohon masyarakat wage juga melibatkan notaris yang ditunjuk masyarakat wage sendiri juga disaksikan oleh aparat dari polres sidoarjo " terang, Robin selaku panitia Kelompok Masyarakat (Pokmas) Desa Wage. (Nh/Rif)

Posting Komentar