Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Kepala Desa Banjar Kemuning H. M. Zainul Abidin bersama Masiswa UIN Sunan Ampel              (Dani,memo)

Sidoarjo-Memo. Sebanyak 60 Mahasiswa UIN Sunan Ampel sedang melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 3 minggu di Desa Banjar Kemuning, Kecamatan Sedati Sidoarjo. Menurut Ketua kelompok PPL, Pandu Hermawan menilai, Desa Banjar Kemuning Kecamatan Sedati Sidoarjo mempunyai daya tarik sendiri untuk dijadikan obyek sarana dalam Praktek Pengalaman Lapangan. Selain tempatnya yang berada didaerah pesisir, juga dinalai banyak potensi berada didalamnya yang patut dipelajari.

Selama 3 minggu pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). masih Pandu menilai, masyarakat Desa Banjar Kemuning sangat antusias menerima kedatangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, yang mana masyarakatnya tingkat solidaritasnya sangat tinggi sekali.

"banyak pengalaman yang bisa dibuat bahan pembelajaran disini, banyak potensi yang perlu dikembangkan di desa Banjar Kemuning." terang, Ketua Kelompok PPL, Pandu Hermawan pada memojatim pada hari Jumat,(29/9).

Fikri salah satu mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya menerangkan, dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) atau Praktek Kerja Lapangan (PKN) kali ini, banyak potensi yang didapat salah satunya sampah kulit kerang dimana kulit kerang mengandung kalsium, dan dapat diolah menjadi pakan ternak ayam.

"Dengan hasil PPL ini Pemdes bisa melakukan pelatihan khusus pada warga tentang pengolahan sampah kulit kerang, agar bisa dimanfaatkan sampah kulit kerangnya."ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Banjar Kemuning H. M. Jainul Abidin sejak awal nampak selalu setia menemani dan memberi pengarahan mulai dari berdiskusi mengenai bagai mengenal budaya masyarakat sekitar, dan ilmu pelajaran disekolah setempat.

Dalam sambutan pelepasan akhir giat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, Kepala Desa Banjar Kemuning, H. M. Jainul Abidin menyampaikan, ucapan terima kasihnya atas kepercayaan yang mana wilayahnya dijadikan tempat sarana PPL.

"Dengan hadirnya para mahasiswa ini, warga desa bisa tahu dan lebih paham tentang potensi hasil laut dan garam yang selama ini kurang di pahami oleh warga" tuturnya.

Lebih jauh Jainul Abidin berharap, giat pelaksanaan PPL UIN Sunan Ampel Surabaya ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan buat warganya. 
"rekan-rekan mahasiswa ini merupakan generasi muda penerus bangsa yang nantinya bisa menjadi seseorang yang bermanfaat bagi masyarakat luas"imbuhnya.

Sekedar diketahui Desa Banjar Kemuning salah satu desa yang terletak paling Timur di Kabupaten Sidoarjo. Masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai nelayan dan petani garam karena wilayahnya yang berdekatan dengan pesisir laut. Hingga daerah ini butuh perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, untuk bisa menjadi pantai wisata seperti Kenprack (Pantai Kenjeran) Surabaya. (Dn/Arief)

Posting Komentar