Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement



Situbondo-Memo. Prajurit Marinir Indonesia - Amerika melaksanakan latihan bersama Subject Matter Expert Exchange (SMEE) Amphibious Reconnaissance and Amphibious Raid, Selasa (02/05). Peserta dari kedua negara bergantian memaparkan tentang Raid Amfibi di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Situbondo.  
    
Kegiatan ini dipantau langsung Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir, Letkol Mar Burhanudin, selaku Komandan Satgaslat SMEE, Wadan Puslatpurmar-5 Baluran, Mayor Mar Kartika Wijaya, Pasiops Yonif-5 Marinir, Mayor Mar A. Fauzi dan Pasi Intel Lettu Mar Yudi Alhudi. Kapten Marinir Yusuf Muchram Pribadi mengawali dengan memaparkan tentang Raid Amfibi, kemudian dilanjutkan dengan Pelda Mar Nurwahid memaparkan tentang Renang Rintis. Kemudian peserta dari Marinir Amerika, Kapten USMC James Hoert memaparkan tentang Bantuan Tembakan Senjata Bantuan, dilanjutkan Kapten USMC Jason Hibler memaparkan tentang Renang Rintis dan Kapten USMC Vincent Thompson memaparkan tentang perencanaan Raid Amfibi. 
    
Sementara Komandan Satuan tugas Latihan bersama Subject Matter Expert Exchange (SMEE) Letkol Mar Burhanudin mengatakan, kegiatan diskusi tersebut bertujuan untuk bertukar ilmu tentang Raid Amfibi versi Korps Marinir TNI AL dan versi USMC, sehingga bila ada perbedaan kemudian didiskusikan bersama dan hasil dari diskusi tersebut akan dipakai sebagai bahan acuan untuk latihan berikutnya. 
    
Selain diskusi, lanjutnya, latihan bersama Marinir Indonesia dan Amerika juga akan melaksanakan praktek di lapangan tentang Raid Amfibi seperti yang didiskusikan. "Latihan seperti ini sangat bermanfaat bagi Marinir kedua negara, selain dapat meningkatkan hubungan militer kedua negara juga untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik maupun taktik Raid Amfibi dan pengintaian pantai bagi prajurit Marinir kedua negara, pungkasnya. (hum/spd)

Posting Komentar