Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Foto : Kantor Desa Wage (Nur, memo)

Sidoarjo, memo
Tradisi masyarakat desa yang sering dikenal dengan ruwatan bumi diwilayah sidoarjo mulai tampak akan digelar dengan berbagai tradisi jawa yang berlangsung secara turun temurun dalam rangkah mengucapkan rasa syukur atas berkah, kesehatan serta keselamatan yang diberikan oleh Alloh SWT kepada seluruh warga desa.

Hal tersebut tampak persiapan yang akan digelar didesa wage, kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo akan adanya ruwatan bumi atau lebih dikenal dengan ruwatan bersih desa dengan memanfaatkan moment punden makam Mbah Ratu Ayu dipakai sebagai tempat pengajiaan akbar dan dihadiri  oleh semua tokoh agama , tokoh masyarakat dan semua warga desa wage tanpa terkecuali ,sehingga semua warga desa wage betul-betul kidmat untuk memeriahkan acara ruwat bersih desa ini.

" Ruwatan bersih desa ini sebagai simbol rasa syukur atas diberikannya keselamatan, kesehatan serta berkah yang diberikan oleh sang Pencipta kepada masyarakat desa wage serta diberikan kekompakan sesama warga wage " tukas Baher kepala desa wage.

         Dalam mempertahankan budaya bangsa Indonesia selama ini tradisi ruwatan desa atau lebih dikenal dengan bersih desa,  Baher mempertahankan  warisan budaya dengan memperkuat ikatan siratul rahmi juga mempertahankan seni budaya daerah yang ada didesa wage selama ini.

Ruwatan bersih desa ini pelaksanaannya akan digelar mulai tanggal 12 Mei 2017  sampai tanggal 20 Mei 2017 yang akan dipusatkan dipunden Mbah ratu dan juga dimeriahkan oleh pagelaran wayang kulit oleh  ki dalang surono serta penutupan akan dimeriahkan oleh orkes melayu dialun-alun wage.

" Saya sangat bangga akan adanya acara ruwat bersih desa ini yang selalu digelar setahun sekali dimana wujud kelestariaan budaya yang diwarisi oleh para leluhur dapat dipertahankan  sehimgga tercipta keamanan, kerukunan serta hasil panen yang melimpah menjadikan desa wage menjadi desa yang aman dan sejahtera " ungkap soenardi sesepuh desa wage. ( nh/rif )

Posting Komentar