Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Tenaga Kerja Asing saat diperiksa (Nur,memo)

Sidoarjo-Memo. Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) melalui Tim monitoring pengawas tenaga kerja asing Kabupaten Sidoarjo, pada hari Rabu (24/5) ke PT. Chieh Ting Plastic yang berlokasi dijalan Raya Gelam No. 40 Kecamatan Candi Sidoarjo. 

Dalam Sidak tersebut petugas mendapatkan seorang Tenaga Kerja Asing (TKA) yang tidak busa menunjukan ijin tinggal (Visa).

Kedatangan Tim Monitoring pengawas tenaga kerja asing ini sempat membuat panik karayawan. namun, setelah diberikan pengarahan bahwa kedatangannya hanya untuk melakukan pengecekan kelengkapan ijin tinggal Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berada di perusahaan tersebut akhirnya berjalan dengan lancar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo, Husni Thamrin membenarkan atas adanya seorang TKA yang diamankan. Ia bernama Chang Ia Chia asal Taiwan. Ia diamankan karena saat tim pengawas menggelar sidak, yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan visa.

"Sebenarnya ijin bekerjanya ada, tapi masa berlakunya sudah habis. Saat kami minta, ternyata ia tidak bisa menunjukkan. Alasannya, visanya dibawa temannya. Kini, yang bersangkutan masih kami periksa dan menunggu pihak imigrasi."terangnya, pada media.

Lebih lanjut, sekitar kurang lebih satu jam dilakukan pemeriksaan oleh beberapa pihak antara lain Pihak Imigrasi dan Kepala Disnaker Sidoarjo, ternyata yang bersangkutan memiliki visa bekerja. Namun, masih proses perpanjangan di Singapura. Sedangkan untuk menunggu visa bekerjanya selesai, ia menggunakan visa bebas.

"Jadi intinya kami tidak mempermasalahkan, karena memang visa bekerjanya masih proses perpanjangan. Sebenarnya permasalahannya adalah karena yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan visa saat kami menanyakannya. Jadi langkah Disnaker sudah benar," ujar, Kasi Penindakan Imigrasi Kelas I Surabaya, Dodi Gunawan usai pemeriksaan.

Usai dilakukan pemeriksaan TKA asal Taiwan itu diperbolehkan untuk beraktifitas kembali, karena diketahui memiliki Visa yang masih dilakukan proses perpanjangan. (Nc/rif)

Posting Komentar