Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Surabaya-Memo. Seluruh anggota TNI AU yang berada di Surabaya yaitu : anggota Lanud Surabaya, Pusdiklathanudnas, Satrad 222 Ploso, Gusang II Surabaya dan anggota TNI AU yang berada di Gartap III/ Surabaya serta anggota yang bertugas di Dilmil surabaya mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-71 TNI Angkatan Udara yang dipusatkan di Mako Lama Lanud Surabaya. Minggu (9/4). 

Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Surabaya, Kolonel Pnb Rudy Iskandar sebagai Inspektur Upacara, dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Kal Haryudi.

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang dibacakan Komandan Lanud Surabaya mengatakan, "Peringatan ini perlu kita jadikan sebagai instropeksi, apakah TNI Angkatan Udara saat ini telah mampu memainkan peran, tugas dan fungsinya sebagai penjaga kedaulatan negara di udara? Jujur harus kita akui bahwa, masih banyak ruang yang bisa kita perbaiki agar tugas yang telah diamanahkan negara kepada TNI Angkatan Udara dapat dijalankan sesuai perundang-undangan. Berangkat dari hal tersebut, sesuai dengan komitmen kita yang dituangkan dalam tema peringatan yaitu, Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal dan Profesional, TNI Angkatan Udara bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tema tersebut memiliki dua sudut pandang, yaitu untuk TNI Angkatan Udara sebagai instropeksi dan untuk kesejahteraan rakyat, dengan mendukung terwujudnya tujuan pembangunan nasional"ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Kasau bahwa, "Membangun suatu negara, membangun pertahanan adalah pertama-tama , dan tahap utamanya  adalah membangun jiwa. Mencermati hal tersebut, jiwa prajurit penjaga dirgantara bukan hanya pintar tapi harus dilandasi dengan jiwa ksatria, militan, loyal dan profesional, yang saya rangkum sebagai jiwa Airmanship. Ditinjau dari sudut pandang kedua yaitu untuk kesejahteraan rakyat, maka peran TNI Angkatan Udara harus seiring dan sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang dirumuskan ke dalam sembilan agenda prioritas  yang dikenal dengan Nawa Cita, diantaranya, menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara. Khusus untuk pengadaan alutsista, saya tegaskan agar dikelola secara transparan, akuntabel dan disesuaikan dengan prinsip-prinsip keuangan yang berlaku"paparnya.

Hadir dalam upacara peringatan HUT Ke-71 TNI AU LO Kodam V/Brawijaya, Komandan Pusdiklathanudnas, Komandan Satrad 222 Ploso, para pejabat Lanud Surabaya dan Pusdikhanudnas, Ketua PIA Ardhya Garini Cab 4/D II Lanud Surabaya beserta pengurus dan Ketua IKKT PWA Ranting 05 Pusdiklathanudnas beserta pengurus, Ketua PPAU Cabang Surabaya serta para pini sepu purnawirawan TNI AU, Kepala Sekolah SMAN 20 Surabaya, dan Ketua Pemudis Motor Udhug Soerabaia.
Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu penampilan Hercules Taekwondo Club binaan dari Lanud surabaya. Setelah itu dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan  pemotongan tumpeng oleh Danlanud Surabaya didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cab 4/ D II Lanud Surabaya, Ny. Riska Indira Rudy Iskandar dan diberikan kepada prajurit termuda di Lanud Surabaya yaitu Prada Jourdan Meola Wahyu Purbolaras dilanjutkan ramah tamah bagi tamu undangan dan seluruh peserta upacara. (rif/spd)

Posting Komentar