Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : ilustrasi Ribuan Lopster (doc, detikcom)

Sidoarjo-Memo. Sebanyak 7.800 benih lobster berhasil digagalkan satgas Pengamanan Bandara Juanda Surabaya, di Sidoarjo, Senin (3/4). Diduga, lobster-lobster tersebut berasal dari pesisir pantai selatan di wilayah Jawa Timur, yang dibawa seorang penumpang pesawat Citilink QG 923 dengan tujuan Surabaya dengan tujuan Batam.

Penyelundupan berhasil digagalkan saat penumpang memasuki pintu X-Ray. Saat itu, petugas mencurigai kemasan menggunakan spon serabut dalam keadaan basah yang dimasukkan di dalam sebuah koper.

Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan 7.800 benih lobster terbagi menjadi 13 rol kantung plastik. Rencananya, benih lobster itu akan dibawa ke Vietnam, oleh seorang penumpang bernama Harsono (35th) warga asal Bandung.

"Dari setiap kantung, terdapat 6 ribu bibit lobster yang dimasukan koper ditutup barang bawaan seperti pakaian," terang, Kolonel Laut P Edwin kepada wartawan di pos penjagaan di T 1.

Lebih jauh dijelaskan, cara penyelundupan yang dilakukan, tak jauh berbeda dengan modus pelaku lain beberap pekan lalu. Namun, ironisnya pelaku mengaku hanya dititipi temannya sesorang berinisial AGS warga Surabaya yang saat ini ditetapkan DPO. Pelaku sengaja datang dari Bandung, setelah mendapat barang dan selanjutnya berencana ke Batam.

"Dalam pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. Kita akan kembangkan lagi untuk mencari tahu tersangka lainnya," pungkasnya. (kmd/rif)

Posting Komentar