Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement



Surabaya-Memo. Program layanan Anak Lahir Membawa Akte dan KK (Alamak) yang dilaunching Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sidoarjo segera diterapkan di seluruh puskesmas se-Sidoarjo. Sebelumnya, layanan ini baru dijalankan di RSUD Sidoarjo.   

Pasien cukup membawa akta kelahiran dan KK (kartu keluarga). Untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, Puskesmas hadirkan inovasi terbaru. Kabar gembira ini bisa lebih muda bagi masyarakat Sidoarjo dengan adanya peluncuran prongram Alamak yang merupakan program pengurusan akta gratis.

Puskesmas wonoayu yang bekerjasama dengan dispendukcapil dengan alamak.dengan melahirkan di puskemas wonoayu anak lahir langsung membawa akta kelahiran bayi beserta kartu keluarga baru dengan melengkapi persyaratan

Acara ini di hadiri Kapolsek,Ndanramil kepala dinas kesehatan, kepala Dispendukcapil, dan Camat Wonoayu. Masyarakat dimudahkan  dengan adanya program ini yang mana ketika ibu yang telah melahirkan saat pulang sudah disertai dengan akta kelahiran anak dan (KK) kartu keluarga.

"Program ini merupakan inovasi dari puskesmas wonoayu,dengan memberikan akte kelahiran dan KK bagi bayi yang lahir di puskesmas wonoayu satu hari dari kelahiran,bayi pulang langsung membawa akte kelahiran dan KK," jelas, Budiono Ssos,MM. kasubag tata usaha puskesmas Wonoayu, pada hari Selasa (04/04).

Keluarga yang saat ini mendapatkan program Alamak yaitu dari Kecamatan Taman,Kecamatan Tarik dan Kecamatan Wonoayu.

Rencananya seluruh puskesmas se sidoarjo akan menerapkan program alamak ini.

sebelumnya rumah sakit sudah menerepkan progran ini. meski belum menerapkan sistem applikasi tapi tidak tertutup kemungkinan pronggram alamak akan dikembangkan dengan system aplikasi. 

Sekedar diketahui program alamak ini gratis tidak di pungut biaya. (ss/rif)

Posting Komentar