Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Bojonegoro-Memo. Bertempat di halaman rumah kepala Desa Sitiaji kecamatan sukosewu, di mulai kamis malam (02/03) warga Desa sitiaji melakukan prosesi sedekah bumi. Hal itu merupakan tradisi yang mereka lakukan dalam setiap tahunnya.

Acara ini bertemakan sedekah bumi menyatukan gerak dan langkah membangun sitiaji asyik, demi terwujudnya wong bojonegoro sehat, cerdas, produktif dan bahagia.

Acara tersebut selain dihadiri oleh warga sitiaji, Tokoh masyarakat, kepala desa, juga tampak hadir jajaran polsek Sukosewu, jajaran koramil sukosewu. Jajaran muspika sukosewu, satpol pp dan wakil bupati bojonegoro Drs. H. Setyo Hartono MM.

Para warga berkumpul di halaman rumah kades sitiaji, dimana tempat tersebut sudah di persiapkan sebelumya. 

Di lanjutkan Pada paginya Para warga datang dengan membawa setengkok atau senampan makanan hasil bumi baik yang masih asli dari bumi atau yang sudah di olah menjadi aneka ragam makanan.

Kades Sitiaji Imam Malik, kepada memojatim menyampaikan, "bahwa tradisi sedekah bumi ini kami lakukan bertujuan untuk mengajak masyarakat, diantaranya agar masyarakat sitiaji selalu melestarikan, mempertahankan dan mengembangkan tradisi budaya, membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap sejarah peninggalan nenek moyang. yakni, membangun hubungan baik dan kecintaan masyarakat terhadap kelestarian alam semesta dengan rasa kebersamaan,"paparnya.

Lebih jauh, Imam Malik  mengatakan tradisi sedekah bumi ini bermaksud sebagai wujud rasa bersyukur atas semua nikmat dan rezeki yang diberikan oleh sang pencipta jagad raya kepada mereka.

Selain membaca Do'a ada sang pencipta jagat raya agar tetap melimpahkan rahmatnya, tujuan sedekah bumi ini adalah agar menjaga rasa kebersaman antar anggota masyarakat, 

,"Selesai berdoa dan ramah tamah mereka menikmati lezatnya  masakan dari hasil bumi secara bersama-sama tetapi ada pula yang saling tukar-menukar bawaanya ke pada warga lainya," terangnya.

Masih Kades Sitiaji, menambahkan bahwa tradisi ini tidak diharuskan bagi warga yang kurang mampu, namun bagi mereka yang mempunyai Ladang, Kebun, serta ternak, sangatlah diharuskan untuk bersedekah bumi. 

Selain acara tersebut, selanjutnya di siang harinya mulai pukul 14:00 wib, warga juga bisa menikmati hiburan musik elekton, hingga berakhirnya kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif. (ar/kus)

Posting Komentar