Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Tim Satgas Saber Pungli Polrestabes Surabaya saat penggeledahan di ruang tersangka

Sidoarjo-Memo. Satgas anti Korupsi Polrestabes Surabaya melakukan penggeledahan ruang kantor Staff pengelolaan Data Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pemkab Sidoarjo, Dina Kardina, Kamis, 23 Maret 2017 Sore.  

Pegawai di Dinas Lingkungan Hidup (LH)  tersebut, tertangkap tangan tim Saber Pungli Polrestabes saat berada di Hotel JW Marriot pada pukul 13.30 WIB. Kamis (23/03/2017).

Sejak sore, pukul 16.30 Wib, tim Satgas langsung melakukan penggeledahan diruang yang bersangkutan dilantai II. Beberapa petugas mulai memeriksa sejumlah dokumen di meja Dina Kardina. Setelah dilakukan penggeledahan kurang lebih 1,5 jam, petugas langsung membawa perempuan berkerudung itu beserta sejumlah barang-bukti berupa dokumen ke mobil Honda Mobilio bernopol W 1411 TE. 

"Sementara ini, masih kami kembangkan terkait kasus tangkap tangan yang melibatkan pejabat Sidoarjo," kata Waka Satreskrim Polrestabes Surabaya, Kompol Bayu Indra Wiguno, saat memimpin Tim Saber Pungli usai penggeledahan. 

Dari hasil penggeledahan, pihaknya terpaksa menyita sejumlah dokumen untuk kepentingan penyelidikan. Menurutnya, tersangka sengaja meminta sejumlah uang kepada pengusaha untuk kepengurusan UKL, UPL dan IMB. 

"Pemohon berasal dari Gresik. Dan dia berencana membuat ijin IMB untuk Gudang di kawasan Gresik," katanya. 

Meski tersangka berasal dari Pejabat Sidoarjo, Namun, tersangka menjanjikan mampu menyanggupi dalam kepengurusan UKL, UPL dan IMB dilingkungan Gresik. "Sementara, uang yang kami amankan sebesar Rp. 25 juta dari jumlah yang dijanjikan sekitar Rp. 50 Juta," tegasnya. 

Akibat perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan Pasal 12 huruf E Undang-Undang Tipikor tentang pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, atau dengan menyalahgunakan kekuasaannya memaksa seseorang memberikan sesuatu, membayar, atau menerimapembayaran dengan potongan,atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (th)

Posting Komentar