Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement



Bojonegoro-Memo. Tak ada barang yang terbuang percuma, semua bisa dimanfaatkan dan diubah menjadi layak jual. Kalimat penuh makna itu terucap dari seorang laki-laki bernama Munib (30th) salah satu pedagang cinderamata di lokasi Wisata Kebun Blimbing Desa Ringin Rejo Kecamatan Kalitidu Bojonegoro.

Langkah cerdas itu dia (red,Munib) lakukan setelah melihat peluang pasar yang belum tergarap di tengah - tengah sulitnya mencari pakerjaan. "lumayan dulisamping membantu membersikan barang bekas, juga bisa dapat penghasilan." Ungkap, Munib pria asal Desa nlNgujung Kecamatan Temayang itu pada memojatim.

Dengan memanfaatkan waktunya untuk berkarya. ia memutuskan untuk membuat aksesoris cinderamata seperti gantungan kunci, bunga dan mainan anak-anak.

Dengan bahan-bahan sederhana yang mudah dicari, ia mengumpulkan ranting - ranting pohon belimbing, plastik - plastik bekas, kaleng bekas kemudian dengan tangannya ia ubah bahan - bahan itu menjadi aksesoris yang cantik dan menarik .

Dalam sehari munib bisa membuat lebih dari lima 200 aksesoris, tetapi tergantung keinginannya, namun itu tergantung dari situasi bila banyak pemesan atau musim liburan maka barang yang dia buat juga bertambah. 

Dari barang yang dibuat beraneka ragam ada Gantungan kunci yang dijual seharga Rp 2000 - 5000, sementara bunga ia jual Rp 35.000 - 45.000.

"dihari - hari biasa, sehari bisa membawa uang pulang rata-rata Rp 50.000- 100.000. Namun jika libur akhir pekan  jualannya bisa laku sampai Rp 300.000 - 500.000 dalam waktu sehari. "Pungkasnya. (ar/kus)

Posting Komentar