Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Bojonegoro-Memo. Sebuah pelajaran buat para orang tua yang memiliki anak masih dibawah umur dibiarkan mengendarai kendaraan bermotor di jalan. Seperti yang terjadi pagi Jumat (24/02) sekira pukul 06.15 WIB, seorang anak yang masih berstatus sebagai pelajar SMP telibat kecelakaan di jalur Bojonegoro-Babat, tepatnya dijalan raya depan Pasar Desa Kapas, turut Desa Kapas Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

Anak pelajar SMP tersebut mengendarai motor CB menghantam mobil Xenia saat hendak mendahului kendaraan yang ada di depannya. Akibatnya, pengendara Honda CB mengalami luka berat, sedangkan yang dibonceng mengalami luka ringan.

Menurut keterangan Kanit Laka Lantas Satlantas Polres Bojonegoro, IPDA Mukari, kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan Daihatsu Xenia nomor polisi S 1323 AS, yang dikemudikan Majuri (53th) warga Desa Sidorejo RT04 RW 02 Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, kontra sepeda motor Honda CB nomor polisi S 4722 HW, yang di kendarai Iqbal Zaki (16th) berboncengan dengan Zaki Anavil (14th) keduanya masih berstatus pelajar, masing-masing beralamat di Desa Semen Pinggir RT 09 RW 02 Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.

Pengendara sepeda motor Honda CB mengalami luka berat, sedangkan yang di bonceng mengalami luka ringan," terang, Ipda Mukari.

Adapun kronologi kejadian bermula, saat kendaraan sepeda motor Honda CB S 4722 HW melaju dari arah barat ke timur dengan kecepatan tinggi, sesampainya di lokasi kejadian, tepatnya di depan Pasar Desa Kapas, pengendara motor hendak mendahului kendaraan roda empat yang berada di depannya, yang tidak diketahui identitasnya, yang seharusnya di lokasi tersebut kendaraan dilarang mendahului, karena marka jalan lurus tidak terputus.

Pada saat bersamaan dari arah yang berlawanan, dari timur ke barat, berjalan kendaraan Daihatsu Xenia S 1323 AS. Diduga sepeda motor Honda CB S 4722 HW, pada saat mendahului mengambil halauan terlalu ke kanan hingga melebihi badan jalan serta kurang konsentrasi terhadap arus lalin yang berada didepannya."Karena jarak yang sudah dekat dan sepeda motor melaju dengan kecepatan tinggi, akhirnya terjadi laka lantas tersebut," lanjut, Ipda Mukari.

Mukari menambahkan, setelah pihaknya menerima laporan, anggota segera mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan menolong korban.

Korban luka-luka segera dilarikan ke RSUD Bojonegoro."pungkasnya.

Saat ini barang bukti untuk sementara diamankan di Satlantas Polres Bojonegoro. Untuk proses selanjutnya, kecelakaan ini di tangani Uniit Laka Lantas Satlantas Polres Bojonegoro.

Kepada media ini, tak lupa Ipda Mukari mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berkendara di jalan raya, untuk berhati-hati dalam berlalu-lintas. Patuhi rambu-rabu lalu-lintas dan marka jalan, terutama ketika hendak berbelok, menyeberang atapun mendahului. Hormati sesama pengguna jalan, perhatikan arus lalu-lintas disekitar, perhatikan juga batas kecepatan kendaraan.

Selain itu, kepada para orang tua yang memiliki anak usia remaja, yang telah memenuhi syarat mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya, hendaklah selalu mengingatkan anak-anaknya untuk senantiasa berhati-hati, saat berkendara di jalan raya.

Terpenting lagi, kepada para orang tua, jangan pernah memberikan ijin kepada anak-anaknya yang belum mahir dan atau masih dibawah umur, untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya."Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu-lintas. Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan,"imbuhnya. (ar/kus)

Posting Komentar