Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Blitar-Memo. Bertempat di Desa Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, Kamis (23/02/17), Dandim 0808/Blitar Letkol Arh Surya Dani, SH, memberikan penyuluhan pada kelompok tani Mandiri,  terkait masalah pembenihan padi berhubungan dengan pertanian yang diprogramkan oleh pemerintah haruslah berhasil dan mencapai swasembada pangan secara maksimal.

Dandim mengimbau pada stakholder pertanian, khususnya penyuluh dan mantri tani agar aktif mendampingi petani. "Penyuluh pertanian dan Babinsa hendaknya memotivasi agar petani aktif bertani sehingga target luas tambah tanah (LTT) program Pajale (padi, jagung dan kedelai) di Kabupaten Blitar bisa tercapai sesuai harapan pemerintah," ujarnya.

Dandim juga mengingatkan agar petugas lapangan harus bisa memberikan motivasi dan menjadikan contoh nyata kepada petani di wilayah tugas masing-masing, "Jika ada permasalahan pertanian di wilayah agar dikoordinasikan dengan cepat untuk segera diambil solusinya," terangnya.

Letkol Arh Surya Dani, SH mengharapkan bahwa nantinya para kelompok tani yang ada di wilayah Blitar dan terkhusus kelompok tani Mandiri di Desa Jeblog ini, selalu berhasil dalam setiap musim panen dimana musim tersebut selalu diinginkan keberhasilannya oleh banyak pihak. "Sehingga program swasembada pangan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang diinginkan oleh pemerintah," tegas, Dandim.

Kepala Badan Pertanian Kabupaten Blitar, Ir. Eko Priyono yang hadir bersama para penyuluh pertanian menjelaskan, segala keperluan yang dibutuhkan para petani mulai dari bantuan Bibit, pupuk dan Alsintan atau yang lainnya sudah di dukung sepenuhnya oleh pemerintah, sehingga pemerintah mengharapkan program keberhasilan akan pertanian disesuaikan dengan bantuan tersebut. Hingga tak ada istilah mendengar dari warga tak dapat bantuan apa-apa kok menginginkan berhasil, hal itu tentunya tak diharapkan oleh pemerintah.

 "Keberhasilan akan swasembada pangan bukanlah pemerintah saja yang menikmatinya akan tetapi para petani juga lebih menikmatinya sehingga angka kesejahteraan dan kemakmuran pada petani semakin meningkat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, " ungkapnya.

Acara yang dihadiri sekitar 100 petani yang menjadi anggota kelompok tani Mandiri ini, mendapat penyuluhan secara praktek langsung dari para penyuluh pertanian dari dinas Pertanian Kabupaten Blitar. (rif/spd)

Posting Komentar