Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Foto : Tersangka dan BB yang diamankan di Polsekta Sidoarjo. (Kmd)

Sidoarjo-Memo. Kasus pencurian kotak amal masjid kembali terjadi di Sidoarjo. Kali ini, tersangkanya adalah Eka Prasetya Nugroho, warga Perum Taman Delta Blok Y No I Kelurahan Kendal Pecabean, Kecamatan Candi.
Pria 51 tahun, kelahiran asal Blora Jawa Tengah ini, diamankan petugas Polsekta Sidoarjo, setelah kedapatan melakukan pencurian kotak amal Di Masjid Raya Baiturrahman Desa Jati kecamatan setempat.

Informasi yang dihimpun, kejadian itu berlangsung hari Jumat (20/1) sekitar pukul 12.30 WIB. Mulanya, pelaku datang ke masjid untuk mengikuti Salat Jumat berjamaah. Tergoda dengan kotak amal yang kebetulan tidak dikunci, pelaku mulai menyusun aksinya sambil menunggu jamaah masjid sepi.

Namun, pelaku tidak menyadari jika gerak geriknya diamati oleh Suroso, seorang takmir masjid. Saat itu, Suroso mengetahui persis bahwa pelaku dengan terburu- buru mengambil uang di dalam kotak amal yang di letakkan di samping masjid tersebut.

Sebelum berhasil kabur dari area pelataran masjid, pelaku dihentikan oleh saksi (Suroso, red). Lantas pelaku ditangkap dan diserahkan ke pengurus masjid, yang kemudian kejadian itu dilaporkan ke Polsek Kota.

Dikonfirmasi di ruangannya, Panit Reskrim Aiptu Abd Haris mendampingi Kapolsek Kota Sidoarjo Kompol Rochsululah SH. Membenarkan kejadian tersebut. Dikatakan, pelaku pencurian kotak amal ini ditangkap setelah petugas menerima laporan dari pengurus masjid.

"Saat ini, tersangka berikut barang buktinya sudah kita amankan di Mapolsekta, guna proses hukum lebih lanjut," terang, Aiptu Abd Haris pada memojatim hari Senin (23/1).

Dalam kasus ini, polisi menyita sejumlah barang bukti dari tangan tersangka. Yakni, 2 buah kotak amal Masjid Raya Baiturrahman, berisikan uang tunai sebesar Rp 508 ribu.

"Akibat perbuatannya, pelaku kita jerat Pasal 362 KUHP, tentang tindak pencurian," tegasnya. (kmd/rif)

Posting Komentar