Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Tersangka berikut barang buktinya diamankan di Mapolsek Krian. (kmd)

Sidoarjo-Memo. Dengan dalih tidak punya ongkos untuk pulang ke kampung halaman, Heri Laksono (24), warga Kelurahan Tisnonegaran Kecamatan Kanigaran, Probolinggo, nekat mencuri uang kotak amal musalah di Desa Katerungan, Krian, kemarin.

Pelaku lansung diamankan oleh takmir masjid setelah kedapatan mencuri uang di dalam kotak amal tersebut. Selanjutnya, oleh warga setempat tersangka dilaporkan ke Mapolsek Krian.

Informasi yang dihimpun, mulanya pelaku datang dan tidur-tiduran di teras musholah. Tergoda dengan kotak amal yang ada di dalam musalah, pelaku langsung menyelinap masuk. Apalagi kala itu, kondisi di sekitar lingkungan sepi. Sehingga pelaku dengan leluasa membuka kotak dan membersihkan seluruh uang yang terdapat dalam kotak amal tersebut.

Belum sempat kabur membawa hasil uang yang dicurinya, aksi pelaku keburu dipergoki salah satu pengurus musalah, yang kemudian kejadian itu dilaporkan ke polisi.

Kanit Reskrim Polsek Krian, AKP Aspul Bakti membenarkan kejadian tersebut. Dikatakan, tersangka tidak sadar jika gerak geriknya telah diamati oleh seorang takmir musalah setempat. Baru sesaat hendak kabur, pelaku langsung ditangkap.

"Saat ini, pelaku berikut barang buktinya sudah kita amankan di Mapoksek, guna proses hukum lebih lanjut," ujarnya, Kamis (19/1).

Dalam kasus ini, polisi menyita barang bukti berupa 1 buah kotak amal, 1 HP, serta uang tunai senilai Rp 299 ribu.

"Akibat ulahnya, tersangka terancam dijerat Pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan," tegasnya.(kmd)

Posting Komentar