Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement


Foto : Dahana Adi menyerahkan Buku Kepada Donatur

Surabaya-Memo. Setelah sempat tertunda dari rencana awal bulan November 2016 silam, akhirnya rangkaian kegiatan Kado Warga untuk KBS digelar pada tanggal 19-22 Januari 2017 di Mustafa Center Royal Plaza.
    Upaya yang sangat baik dari warga Surabaya dalam rangka memperingati 100 tahun Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang jatuh pada tahun 2016 ini memang mendapat banyak kendala seperti kurangnya foto yang berkualitas dan dana yang kurang mencukupi untuk menggelar acara ini.
   
"Alhamdulillah dengan kerja keras Panitia, akhirnya proses cetak Buku "Bonbin Dalam Kisah dan Tjerita " serta pameran foto ini bisa terlaksana walau mundur dari Jadwal." papar, ketua Panitia Teguh Ardi Srianto, Kamis (19/01/2016).

Mundurnya acara tersebut ternyata membawa berkah tersendiri bagi Bhakti Pundawa, kurator Foto pameran ini. Pria yang juga redaktur foto di sebuah media online ini mengaku berhasil mendapatkan koleksi foto hewan yang cukup langka.
   
"Di saat saat terakhir kami berhasil mendapatkan foto salah satu koleksi KBS yang cukup langka yaitu Makua. Saya membutuhkan penelusuran ke mantan fotografer lepas di KBS untuk mendapatkan foto ini," ucap,Ipung, sapaan akrab Bhakti Pundawa.

Untuk diketahui, dalam rangka Kebun Binatang Surabaya menuju abad ke II KBS, KJPL dan berbagai elemen masyarakat seperti Surabaya Punya Cerita, Turun Tangan Surabaya, Surabaya Tempo Dulu, Rumah Belajar Pandawa menggelar beragam kegiatan.
Beragam kegiatan tersebut antara lain adalah Pameran Foto yang merangkum kisah KBS sejak berdiri hingga tahun 2016. Foto tersebut selain berasal dari koleksi KBS juga berasal dari sumbangan masyarakat.
   
Dari ratusan foto yang telah masuk, tim panitia yang digawangi Editor Foto Surabaya Post, Bhakti Pundhowo akan memilih foto-foto terbaik yang mampu bercerita tentang ragam kisah KBS.
    Kado berikutnya adalah peluncuran Buku 100 tahun KBS yang disusun oleh penulis senior Henry Nurcahyo dan Dhahana Adi, penulis buku Surabaya Punya Cerita.

"Pentingnya sebuah literatur yang mengulas sejarah serta kisah-kisah menarik tentang KBS akan kami hadirkan dalam buku berjudul BONBIN DALAM KISAH DAN TJERITA tersebut," papar,Henry Nurcahyo.
   
Selain itu dipamerkan juga berbagai karya desain arsitek tentang KBS kedepan. Berbagai ide dan gagasan menarik terpampang secara visual. (spd)

Posting Komentar