Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Jember-Memo. Acara penganugerahan sekaligus mewarnai ajang pisah sambut Kapolres Jember yang digelar di gedung New Sari Utama, pada hari Selasa (20/12) malam. Puncak pimpinan Kepala Polisi Resort Jember akan di duduki oleh AKBP Kusworo menggantikan AKBP Sabilul Alif.

Tak terasa Dua tahun sudah AKBP H.M. Sabilul Alif SH.SIK.MSi mengabdikan diri sebagai Kapolres Jember. Selama Dua tahun pula sosok Sabilul Alif begitu dekat dengan masyarakat juga instansi pemerintah Jember, bukan hanya itu mantan Kapolres Bondowoso ini juga dikenal Kapolres dengan sejuta inovatif. Berkat tangan dingin serta ide-ide cemerlangnya hingga menciptakan sejumlah terobosan,  diantaranya program inovasi We Are Ready atau WAR. WAR merupakan inovasi berbasis android yang memadukan program revitalisasi kentongan dan Jember Police Online (Jempol).

Tak heran bila kini AKBP H.M. Sabilul Alif SH.SIK.MSi meraih Top Leader Annual Award 2016. Penghargaan bergengsi dapat disabetnya tak lain karena peran dan dedikasinya yang tinggi selama dua tahun terakhir memimpin Polres Jember.

"Pak Sabilul sosok yang bukan hanya berdedikasi, tapi sekaligus multi kreatif dan kaya akan inovasi dalam perannya sebagai Kapolres di Jember," papar, Rully Anwar, penggagas Top Leader Annual Award 2016.

Sabilul Alif sekarang memang telah dipromosi untuk jabatan baru, Wakil Direktur Lalu Lintas atau Wadirlantas Polda Jatim.

"Inovasi Polres Jember sungguh telah membuka persepsi publik tentang institusi kepolisian. Jabatan Kapolres Jember di tangan Pak Sabilul telah mengubah Mapolres menjadi centre of excelence dengan menjabarkan banyak terobosan layanan kepolisian guna memudahkan akses publik dengan tren kekinian yaitu berbasis IT,"imbuhnya.

Sejumlah terobosan itu, diantaranya program inovasi We Are Ready atau WAR. WAR merupakan inovasi berbasis android yang memadukan program revitalisasi kentongan dan Jember Police Online (Jempol).

Selain WAR, program inovasi pelayanan publik lainnya seperti, COP ( case organizer program ), yang digunakan sebagai fungsi kontrol bagi penyidik Satreskrim Polres Jember dan jajarannya dalam melaksanakan proses penyidikan perkara pidana yang dilaporkan masyarakat.

Dengan program ini bisa dengan mudah memantau dan mengetahui sejauh mana perkembangan kasus dan penyelidikan yang tengah dilakukan penyidik di mana pun berada. Inovasi lainnya, CJS Online yaitu Sistem Administrasi Perkara Terpadu, sebuah program menyinergikan antara instansi penegak hukum, Kepolisian dan Kejaksaan serta Pengadilan.

Ada pula, SP2HP Online, yaitu aplikasi untuk mempermudah penyidik yang memerlukan izin khusus penyitaan, persetujuan penyitaan dan ijin penggeledahan untuk kepentingan penyidikan. Dengan aplikasi ini, penyidik tidak harus datang ke Pengadilan Negeri Jember, tetapi cukup mengakses data dan PN akan memenuhi permintaan penyidik.

Samsat Home Care (HORE) pun digagas Sabilul, yang merupakan layanan pembayaran pajak kendaraan yang bisa dipanggil langsung datang ke tujuan. Caranya gampang, cukup telepon call center 081 336 064 045, petugas akan datang ke rumah.
Serta inovasi lainnya yakni Registrasi Pendaftaran SIM secara Online, dan Sysyem Alarm Early Warning Crime Prevention.

Upaya ini, bukan hanya diapresiasi publik secara luas di dalam negeri, tapi luar negeri, karena program Polres Jember sudah pula dipresentasikan di Forum Inovasi Layanan Publik di Korea Selatan baru-baru ini.

"Pak Sabilul juga dikenal sebagai Kapolres sejuta klik, karena dia demikian dicintai masyarakat di Jember dan aktif di media sosial,"ucap, Bupati Jember Faida disela-sela memberikan sambutanya.

Sabilul adalah sosok inspiratif yang membuka pandangan dan harapan baru tentang polisi. Ada banyak program lain yang mampu makin mendekatkan kepolisian pada berbagai lapisan masyarakat antara lain melalui Poswedangcor, Pos Papuma, Pos Dakwah, dll.

"Bukan hanya membuat Jember kondusif, berbagai terobosan yang ada juga menginspirasi kami supaya makin terbuka memanfaatkan IT di banyak bidang lainnya," imbuh HM Arum Sabil, Tokoh Petani Nasional asal Jember.

Sementara setelah menerima Top Leader Award 2016, AKBP Sabilul Alif mengungkapkan, semata-mata apa yang ia lakukan dan raih adalah capaian bersama.

"Semua inovasi ini semata-mata demi masyarakat, dan saya ingin menjadikan Mapolres bukan lagi sebagai istana berbie, tapi pusat inovasi layanan publik," tuturnya, diplomatif.

Selain Sabilul Alif, penerima Top Leader Award 2016 adalah Gubernur Jatim Dr Soekarwo, Rektor Unair Prof Nasih, dan beberapa lainnya. (ded/rif)

Posting Komentar