Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Surabaya-Memo. Terletak dilapangan PT Sier dijalan Rungkut Industri Raya Surabaya. Upacara digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam se kota Surabaya, Pada hari Rabu (28/12) tadi pagi. Upacara peringatan HUT Satpam ke 35 tahun kali ini di pimpin langsung oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs. Anton Setiadji, SH. MH. Selaku Inspektur Upacara.

Peringatan HUT Satpam ini, turut hadir Forpimda Kota Surabaya dan Pejabat Utama Polda Jatim, serta Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Denny S.N Nasution, SIK., MH dan para Kapolsek Jajaran Polrestabes Surabaya duduk bersama undangan yang lain.

Dalam upacara yang digelar sekitar pukul 08.00 Wib ini, Kapolda Jatim membacakan amanat langsung dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Dalam kesempatan yang baik ini, Kapolda menyampaikan, terima kasih kepada Satuan Pengamanan (Satpam) dimanapun bertugas, atas dukungan dan partisipasi aktif dalam rangka menjaga keamanan di lingkungannya.

Dengan mengangkat tema "Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam Indonesia Melalui Pendidikan yang Berkualitas Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean" sangat tepat mengingat pada 2016 nanti Indonesia akan bersiap menghadapi momentum yang sangat kompetitif yaitu Pengintegrasian Kawasan Asean atau yang biasa kita kenal dengan nama Masyarakat Ekonomi Asean.

"Polri selaku alat negara yang bertanggungjawab dalam menciptakan dan memelihara keamanan dalam negeri tidak dapat bekerja sendiri, Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari semua potensi keamanan termasuk satuan pengamanan (Satpam) sebagai bentuk pengamanan Swakarsa yang berperan sebagai Pengemban Fungsi Kepolisian Terbatas."paparnya.

Implementasi dari peran tersebut dilaksanakan dengan menerbitkan Surat Ijin Operasional bagi Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP). Sertifikasi terhadap berbagai pelatihan kualifikasi bagi anggota satpam, serta pemberian sertifikat kepada perusahaan yang menerapkan sistem manajemen pengamanan swakarsa.

Dalam upacara tersebut, Kapolda memberikan Penghargaan kepada 3 Satpam Berprestasi yakni bapak Djuhari (Satpam Perum Dk. Pakis) yang telah berhasil mengangkap pelaku Curanmor R2 dengan TKP Jl. Dukuh Pakis VI Surabaya, selanjutnya penghargaan diberikan juga kepada bapak Turhamun (Satpam PT. PElindo III) yang berprestasi dalam menemukan detonator / Bondet pada 28 April 2015 silam. Terakhir penghargaan diberikan kepada Bapak Sugiono yang berhasil menggagalkan penyelundupan Ganja pada 6 Mei 2015 yang lalu.

Usai pelaksanaan Upacara di Lapangan PT. Sier para peserta upacara dan undangan disuguhkan dengan peragaan Ilustrasi Kesigapan Satuan Pengamanan (Satpam) dan Petugas Kepolisian dalam menjaga kondusifitas Kota Surabaya yang diperagakan oleh Satpam Binaan Kasat Binmas Polrestabes Surabaya, AKBP Dr. Dody Eko Wijayanto, SH, MHum dan Para Seniman Surabaya.

Sebelum meninggalkan, Kapolda Apresiasi atas Ide Kreatif Kasat Binmas Polrestabes Surabaya yang dapat menyuguhkan Gabungan Unsur Seni dan Peragaan dari Satpam yang bisa memberikan hiburan tersendiri bagi para undangan yang hadir pada Upacara Peringatan HUT Satpam Ke-35 yang serentak dilaksanakan di Seluruh Indonesia pada hari ini. (ed/rif)

Posting Komentar