Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Foto : Babinsa saat memberi arahan dan dampingi panen (fud)

Jember-Memo. Adanya kesulitan pihak Bulog Subdrive XI Jember dalam menyerap gabah petani yang semakin tinggi harganya, maka pada Selasa (8/11) pagi kemarin Babinsa Desa Wringin Agung Kecamatan Jombang, Serda Katirin Efendi bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Wringin Agung, Amin mendampingi panen padi di Kelompok Tani (Poktan) Maju Makmur Desa Wringin Agung Kecamatan Jombang.
Hal ini dilakukan, menurut Sertu Katirin, agar serapan gabah oleh Bulog dapat terpenuhi ditingkat petani.

"Desa Wringin Agung ini memiliki hamparan lahan pertanian yang luas, subur, dan didukung pengairan irigasi yang relatif lancar menjadikan desa tersebut sebagian besar warganya menekuni dunia pertanian. Maka dari itu, kami sebagai pendamping akan selalu memberikan masukan agar gabahnya disetorkan kepada Bulog supaya dapat memenuhi target swasembada pangan," paparnya, kepada media Selasa (08/11) kemarin.

Dan pada kesempatan kali ini, Serda Katirin juga menghimbau petani untuk menjual hasil panennya kepada Bulog.
Dalam keterangannya PPL Desa Wringin Agung, Amin menegaskan bahwa Poktan Maju Makmur yang diketuai oleh Rudi Hartono tersebut mengelola total sekitar 84 hektar.

"Hasil panen saat ini mengalami peningkatan produktifitas yang semula berkisar 6,1 ton per hektar, saat ini sudah bisa mencapai 6,5 ton per hektarnya," beber, Amin saat diwawancarai media.

Hal tersebut disamping karena suburnya lahan, menurut Amin juga dari aktifitas petani dalam menyerap arahan teknis dari pendamping sehingga mempu meningkatkan produktifitas pertaniannya.
Danramil 0824/27 Jombang, Kapten Inf Didik Purwo Budianto saat dikonfirmasi menegaskan, bahwa semua Babinsa jajaran selalu diarahkan untuk lebih aktif memberikan pendampingan bersama PPL kepada poktan didesanya masing-masing.

"Apalagi Kecamatan Jombang ini merupakan salah satu lumbung padi bagi Kabupaten Jember dengan hamparan pertanian yang relatif luas dan subur dimasing-masing desanya, dengan irigasi yang relatif lancar sehingga petani lebih tertarik untuk tanam padi sepanjang tahun,"ungkap, Kapten Inf Didik Purwo Budianto.

Terkait daerah-daerah yang sedang panen saat ini, kata Danramil pihaknya sudah menginformasikan kepada petugas penyerapan dari Bulog Jember untuk mengadakan penyerapan langsung kepada petani.

"Bahkan kita siap apabila diajak turun dalam penyerapan tersebut," tambahnya.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember, Letkol Inf Muhammad Nas, S.IP dalam konfirmasinya menyampaikan bahwa untuk wilayah Jember Selatan termasuk Jombang memang memiliki hampatran pertanian yang relatif luas, subur  dan irigasi lancar sepanjang tahun untuk saat ini rata-rata sedang musim panen dan tanam.
Pada kesempatan tersebut Muhammad Nas juga berpesan agar petani didampingi untuk mempercepat pengolahan lahan pasca panen dalam rangka percepatan tanam, dengan menggunakan alat mesin pertanian yang sudah tergelar. (fud/rif)

Posting Komentar